Jakarta - Tak dipungkiri selain media sosial, WhatsApp menjadi media untuk menyebarkan hoax. Untuk menangkal itu, WhatsApp pun membesut kampanye baru bernama 'Hempaskan Hoaks Semudah ABC: Jari Pintar untuk Negeri'.  

“Ketika menerima pesan yang belum tentu benar, sebaiknya ABC yaitu Amati isinya, Baca sampai habis, lalu Cek sumbernya,” kata Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi WhatsApp APAC.

Baca Juga: Fitur Pesan WhatsApp Hilang Otomatis Tersedia di Indonesia, Begini Caranya!

Kampanye ABC ini akan menggunakan chatbot untuk pengecek fakta. Dalam pengecekan fakta tersebut, WhatsApp bekerjasama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dan komunitas pemeriksa fakta.

Tidak ketinggalan WhatsApp akan menggandeng komedian Abdul Kadir dan  Rosianna Silalahi untuk ikut menyebarluaskan kampanye ABC di berbagai platform, termasuk Facebook dan Instagram.

Agar kampanye ini lebih menarik dan mudah untuk diingat, WhatsApp mengemas tiga langkah mudah ABC dalam bentuk jingle yang seru, diikuti dengan tantangan menari (dance challenge) hasil koreografi bintang TikTok  Triarona. 

Selain itu, WhatsApp juga bekerja sama dengan Mendoan, podcast yang disiarkan dengan dialek bahasa Jawa, serta sejumlah stasiun radio untuk semakin menjangkau pelosok Indonesia.

"WhatsApp sangat berkomitmen memberantas isu disinformasi yang marak, inilah sebabnya kami terus-menerus membarui produk kami guna berkontribusi terhadap tantangan ini," pungkas Sravanthi Dev.

Komentar
paper plane