beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

WHO Sebut Kemunculan Varian Corona Baru 'Omicron' Mengkhawatirkan

Itha Prabandhani,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WHO Sebut Kemunculan Varian Corona Baru 'Omicron' Mengkhawatirkan
Image: Ilustrasi COVID-19 (Freepik)

Jakarta - Kabar buruk muncul lagi terkait varian baru COVID-19 nih, guys. Kali ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan munculnya varian baru COVID-19 asal Afrika Selatan yaitu virus B.1.1.529. Varian yang dinamai Omicron ini, disebut oleh WHO sebagai varian baru yang mengkhawatirkan dan dapat berkembang cepat.

Melansir BBC, varian B.1.1.529 ini memiliki 50 jenis mutasi dan memiliki risiko menginfeksi kembali para penyintas COVID-19. Varian baru tersebut pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada 24 November 2021 dan ditemukan juga di Botswana, Belgia, Hongkong, dan Israel.

WHO sendiri telah menentukan varian baru ini sebagai 'varian yang mengkhawatirkan' (variant of concern/ VOC). Omicron juga disebut-sebut dapat menyebar lebih cepat daripada varian Delta.

“Bukti awal menunjukkan adanya peningkatan risiko infeksi ulang dan adanya perubahan yang merugikan dalam epidemiologi COVID-19," ungkap WHO seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/11/2021).

Diberitakan, penularan COVID-19 di Afrika Selatan telah meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir, seiring dengan deteksi varian baru atau Omicron ini.

"Varian ini telah terdeteksi pada tingkat yang lebih cepat daripada lonjakan infeksi sebelumnya, menunjukkan bahwa varian ini mungkin memiliki keunggulan pertumbuhan," kata WHO.

WHO menyebut, varian baru ini dapat terdeteksi oleh tes PCR. Saat ini, para ahli masih terus melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat penularan, tingkat keparahan, dan mencari tahu apakah mutasi itu resisten terhadap vaksin.

Perlu waktu beberapa minggu untuk menentukan penularan varian dan efektivitas vaksin serta terapi terhadap varian baru tersebut. Hingga saat ini, WHO mencatat 100 urutan varian telah dilaporkan. Omicron sendiri merupakan varian kelima yang dinyatakan sebagai varian yang mengkhawatirkan.

Tapi, kamu nggak perlu panik, guys. Terus ikuti perkembangan informasi mengenai varian Omicron ini. Jangan lupa, selalu terapkan tindakan pencegahan dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait