menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Wow! Planet Neptunus dan Uranus Punya Hujan Berlian

Kintan Lestari,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wow! Planet Neptunus dan Uranus Punya Hujan Berlian
Image: Ilutrasi planet Neptunus. (Freepik/vadimsadovski)

Jakarta - Saat mendengar hujan tentu yang akan kita rasakan adalah air yang turun dari langit dan jatuh ke bumi. Tapi lain halnya dengan hujan di planet Neptunus dan Uranus.

Di dua planet tersebut, hujan yang turun rupanya bukan air melainkan berlian. Wow banget kan ya!

Melansir The Washington Post, para ilmuwan pertama kali melakukan eksperimen untuk mengetahui asal hujan berlian di dua planet tersebut pada 2017. Mereka berspekulasi bahwa tekanan ekstrim di wilayah tersebut mungkin memecah molekul tenjadi atom hidrogen dan karbon, yang kemudian mengkristal menjadi berlian. 

Peneliti menemukan mereka dapat menciptakan hujan berlian seperti halnya di Uranus dan Neptunus dengan berbekal laser dan plastik.

"Sebelumnya, para peneliti hanya dapat berasumsi bahwa berlian telah terbentuk. Saat saya melihat hasil eksperimen terbaru ini, itu adalah salah satu momen terbaik dalam karir ilmiah saya,” ujar fisikawan Dominic Kraus, dari lembaga penelitian Helmholtz-Zentrum Dresden-Rossendorf di Jerman, kepada majalah Cosmos seperti dikutip The Washington Post, (25/8/2017).

Jadi Kraus dan rekan ilmuwannya menggunakan dua jenis laser, yaitu sinar optik dan sinar X, untuk menghasilkan gelombang kejut. Gelombang ini kemudian didorong melalui balok polistiren, yakni sejenis plastik yang terdiri dari hidrogen dan karbon.

"Gelombang pertama yang lebih kecil dan lebih lambat diambil alih oleh gelombang kedua yang lebih kuat. Kombinasi dari dua gelombang tersebut menekan plastik hingga 150 gigapascal tekanan - lebih dari yang ada di dasar mantel bumi - dan memanaskannya hingga lebih dari 8.500 derajat. Saat itulah, berlian mulai terbentuk,” jelas Kraus.

Proses penciptaan tersebut hanya berlangsung sepersekian detik, dan berlian itu ukurannya tidak lebih besar dari nanometer. 

Tetapi Kraus bersama rekan-rekannya percaya bahwa berlian yang berkembang di Uranus dan Neptunus mungkin lebih besar serta bertahan lama durasinya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait