menu
user
URstyle

Yuk, Cobain 5 Jenis Minuman Herbal Seduhan Bunga

Itha Prabandhani,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Yuk, Cobain 5 Jenis Minuman Herbal Seduhan Bunga
Image: Minuman Herbal Seduhan Bunga (Freepik/rawpixel)

Jakarta - Kalau ngomongin minuman herbal, mungkin yang terlintas pertama di benakmu adalah rempah-rempah seperti jahe, kunyit, atau temulawak. Tapi, apakah kamu pernah mencoba minuman herbal yang dibuat dari seduhan bunga?

Selain memiliki manfaat buat kesehatan, minuman hasil seduhan bunga juga akan membuatmu merasa rileks saat menghirup harumnya. Yuk, cobain bikin sendiri minuman herbal dari bunga berikut ini, guys!

1. Kamomil

1617684373-kamomil---freepik.jpgSumber: Minuman herbal seduhan kamomil (Freepik/Freepik)

Bunga kamomil sudah tak asing lagi sebagai bahan campuran teh. Namun, sebenarnya kamu bisa menikmatinya dengan menyeduhnya langsung, tanpa campuran teh.

Seduhan bunga kamomil telah dipercaya sejak dulu oleh bangsa Mesir dan Yunani sebagai obat. Dikutip dari Medical News Today, bunga kamomil dapat mengatasi masalah insomnia, sakit datang bulan, flu, dan juga meredakan stres.

Caranya cukup mudah. Didihkan 250ml air lalu gunakan untuk menyeduh sejumput bunga kamomil yang telah dicuci bersih. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Tambahkan gula sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan daun mint untuk memberikan sensasi rasa segar.

2. Melati

1617684331-melati---freepik-kvladimirv.jpgSumber: Minuman herbal seduhan melati (Freepik/kvladimirv)

Selain dapat memberikan keharuman di dalam rumah, bunga melati juga bisa diolah menjadi teh. Teh melati memiliki berbagai manfaat buat tubuh seperti melancarkan sirkulasi darah, menguatkan tulang, dan menurunkan kolesterol.

Cara bikinnya juga mudah. Ambil bunga melati secukupnya lalu rebus dengan 250ml air. Saring airnya dan tambahkan gula atau madu sesuai selera.

3. Mawar

1617684339-mawar---freepik-jcomp.jpgSumber: Minuman herbal seduhan mawar (Freepik/jcomp)

Minum air rebusan mawar dapat meredakan sakit datang bulan, menangkal radikal bebas, dan membuatmu merasa lebih rileks. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air mawar sebagai toner wajah.

Cara membuat teh dari bunga mawar adalah dengan merebus bunga mawar, lalu saring dalam gelas. Kamu bisa menambahkan gula atau madu sebagai pemanis.

4. Rosella

1617684389-rosela---freepik-azerbaijan-stockers.jpgSumber: Minuman herbal seduhan rosela (Freepik/azerbaijan-stockers)

Bunga rosella adalah salah satu dari deretan bunga yang bisa kamu manfaatkan sebagai minuman herbal. Rutin meminum teh bunga rosella dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat tidur lebih nyenyak.

Seduh bunga rosella dengan air panas hingga air berubah menjadi kemerahan. Tambahkan gula, madu, atau daun mint sebagai penambah rasa.

5. Lavender

1617684346-lavender---freepik.jpgSumber: Minuman herbal seduhan lavender (Freepik/Freepik)

Mungkin kamu mengenal bunga lavender sebagai pengharum ruangan dan juga pengusir nyamuk. Selain itu, bunga lavender juga dapat diolah menjadi minuman herbal, loh. Dilansir dari Healthline, bunga lavender memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia, meredakan stres, dan juga mengurangi rasa nyeri di badan.

Caranya adalah dengan mengeringkan bunga lavender dengan cara dijemur. Lalu, seduh dengan air panas. Saring air seduhannya sebelum diminum. Menghirup aromanya juga akan membuatmu merasa lebih rileks.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait