Hot News

Jakarta - Helm motor merupakan salah satu perlengkapan yang harus digunakan ketika sedang berkendara untuk keselamatan.

Nah, meskipun sudah banyak yang menggunakan helm ketika berkendara, namun apakah kalian tahu berbagai jenis helm yang  beredar di pasaran guys?

Meskipun sudah sering menggunakan atribut keselamatan yang satu ini, masih banyak juga orang yang belum tahu apa saja jenis-jenis helm yang dapat digunakan demi menjaga keselamatan berkendara.

Mengutip dari situs Suzuki Indonesia, berikut jenis-jenis helm yang perlu kamu ketahui, guys!

1. Helm Full Face

1602910942-helm-full-face.jpgSumber: Helm Full Face (Pixabay)

Helm full face ini merupakan jenis helm yang memiliki bagian pelindung kepala secara menyeluruh. Helm jenis full face ini dapat digunakan ketika berkendara yang memiliki kecepatan tinggi atau cocok untuk berpergian jarak jauh, guys.

Bentuknya yang menutup semua bagian kepala membuat helm ini dapat dianggap sebagai helm yang ampuh untuk menjaga keselamatan ketika berkendara. Helm full face ini paling cocok ketika digunakan di jalan yang beraspal untuk balapan.

Sudah tidak heran lagi, pasangan dari helm ini biasanya menggunakan motor sport full fairing dan naked. Banyak para pembalap motor yang telah menggunakan helm dengan jenis seperti ini karena sangat aman.

Terdapat satu kelemahan yang dimiliki helm full face. Kelemahannya yaitu penggunaannya yang lebih ribet daripada helm half face.

Dengan demikian, helm akan memberi rasa yang kurang nyaman jika digunakan dalam perjalanan dekat atau aktivitas perjalanan sehari-hari.

Baca Juga: Nih Tips Rawat Helm Biar Nggak Jamuran di Musim Hujan

2. Helm Half Face

1602910989-helm-half-face.jpgSumber: Helm Half Face (Pixabay)

Helm half face merupakan helm kekinian yang memiliki bentuk dan tampilan menarik. Fungsi helm ini yaitu sebagai pelindung bagian tempurung kepala.

Helm ini juga dilengkapi dengan kaca yang dapat melindungi bagian wajah namun ada juga model helm half face yang tidak terdapat kaca di bagian depan.

Helm dengan model dan bentuk seperti ini sangat mudah untuk digunakan dan mudah untuk dilepas, guys.

Jenis helm ini dapat kamu gunakan untuk kegiatan berkendara sehari-hari misalnya ketika akan berangkat kerja, ingin berbelanja atau kegiatan yang lain.

Tetapi, kamu juga harus tahu bahwa helm dengan model kekinian seperti ini hanya dapat digunakan ketika perjalanannya menggunakan kecepatan yang rendah saja. Ini karena helm model half face ini memiliki kekurangan pada pelindung bagian wajah yang kurang aman.

3. Helm Modular

1602911017-helm-modular.pngSumber: Helm Modular (KYT Helmet)

Helm modular merupakan jenis helm yang merupakan perpaduan antara helm half face dengan helm full face. Kenapa bisa dikatakan demikian?

Alasannya karena helm modular memiliki bentuk dan model yang sangat mirip dengan helm full face.

Namun, ketika kamumelihat dari segi kepraktisannya, helm ini hampir mirip dengan helm half face. Sebab, ketika digunakan helm ini tidak terlalu ribet, dan cocok digunakan ketika berkendara dengan kecepatan yang sedang dalam aktivitas sehari-hari.

Komentar

Loading ..