Hot News

Jakarta - Bepergian naik pesawat di masa new normal tak semudah biasanya. Pasalnya, kamu harus mentaati aturan dan tata cara yang baru saat menggunakan transportasi udara ini, guys.

Di masa pandemi ini, Pemerintah juga sudah kembali membuka layanan transportasi pesawat agar masyarakat bisa tetap melakukan mobilitas jarak jauh namun dengan menerapkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi.

Nah, selain wajib menjalankan segala protokol yang sudah ditentukan nih, Urbanreaders. Ada sejumlah hal-hal yang harus kamu perhatikan juga nih sebelum terbang agar tetap aman selama perjalanan. Berikut ulasannya!

1. Jaga jarak

1602851242-passenger-362169-640.jpgSumber: Ilustrasi penumpang di pesawat (Pixabay)

Saat tiba di bandara, pastikan kamu sudah menggunakan masker dan face shield. Memakai face shield secara tidak langsung menghindari dari kebiasaan menyentuh wajah, terutama mulut, hidung dan mata selama perjalanan. 

Patuhi juga protokol kesehatan dengan cek suhu tubuh dan menjaga jarak dengan penumpang lainnya ya, guys. Jangan lupa untuk menggunakan hand sanitizer jika tak sengaja menyentuh benda yang mudah dihinggapi virus.

2. Siapkan Dokumen Pribadi

1592286387-Bandara-Soekarno-Hatta.jpgSumber: Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta/Instagram

Selain tiket dan identitas diri, kamu perlu menyiapkan surat hasil Rapid Test atau PCR yang berlaku untuk tujuh hari. Apabila hasilnya non reaktif dan negatif maka kamu akan mendapatkan surat keterangan bebas COVID-19. 

Nah, surat tersebut hanya berlaku untuk satu orang dan hasil rapid test berlaku selama tiga hari, sedangkan PCR berlaku selama tujuh hari.

3. Check In atau Boarding Pass di Rumah

1587436735-tantangan-wfh1.jpgSumber: ilustrasi (Freepik)

Untuk mengantisipasi situasi yang ada, sebaiknya kamu melakukan check in atau boarding pass di rumah, guys. Hal ini penting supaya kamu tidak terburu-buru saat sampai ke bandara. 

Disarankan untuk sampai di bandara 3-4 jam sebelum keberangkatan. Pasalnya, kamu juga harus melakukan verifikasi terlebih dahulu di konter pemeriksaan rapid test dan proses ini memakan waktu kurang lebih 10 menit. 

Mengantisipasi antrian mengular, sebaiknya datang lebih awal ya!

4. Take Away Makanan

fruit-2305192_640.jpgSumber: Ilustrasi makanan sehat (Pixabay)

Saat lapar menyerang, tentunya kamu harus membeli makanan untuk mengganjal perut. 

Tapi ingat ya Urbanreaders, saat berada di tempat umum sebaiknya bungkus makanan (take away) ketimbang menyantapnya di tempat. 

Makanan tersebut bisa dinikmati di ruang tunggu atau di area lainnya. Supaya lebih aman, jangan lupa membawa tumbler dan alat makan pribadi dari rumah ya!

Nah, itulah tips yang harus kamu simak ya saat ingin naik pesawat. Nah, selain empat hal tersebut, membeli tiket pesawat dengan penawaran khusus atau diskon juga penting loh, guys. 

Seperti Fly Beyond Airasia yang menawarkan diskon 10 persen untuk periode pemesanan 12 - 18 Oktober 2020 di www.airasia.com. 

Diskon tersebut berlaku untuk kelas ekonomi dan harga sudah termasuk pajak bandara. Kamu pun bisa menikmati penerbangan Airasia, Fly Beyond, SNAP, activity, hotel, dan masih banyak lagi fasilitas traveling yang bisa kamu nikmati.

Nah, kabar baiknya Airasia juga menyediakan layanan rapid test drive thru yang bertempat di Drive Thru Center, Soewarna Business Park, Kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (complex SPBU Shell Soewarna).


Loading ..