beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

11 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Kaya Akan Nutrisi

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
11 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Kaya Akan Nutrisi
Image: Ilustrasi buncis. (Unsplash/Sonja Langford)

Jakarta - Buncis merupakan salah satu sayuran yang tak hanya lezat rasanya, tapi juga mudah diolah dan yang terpenting punya manfaat baik untuk kesehatan. Apa sih memang manfaat sayur buncis? Lalu buncis mengandung vitamin apa? Daripada bingung, yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

Kandungan Nutrisi dan Vitamin pada Buncis

Sayur buncis menyimpan banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Sayuran hijau ini merupakan sumber karbohidrat sehat, protein, serat, dan mikronutrien. Buncis juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

Melansir situs Departemen Pertanian Amerika Serikat, berikut adalah informasi nutrisi di dalam 100 gram buncis:

  • Kalori: 31
  • Lemak: 0,2 gram
  • Sodium: 6 mg
  • Karbohidrat: 6,97 gram
  • Serat: 2,7 gram
  • Gula: 3,3 gram
  • Protein: 1,83 gram
  • Vitamin C: 12,2 mg
  • Vitamin A: 35 mcg
  • Vitamin K: 43 mcg

Namun perlu diingat, jumlah nutrisi buncis akan bervariasi berdasarkan cara kamu menyiapkan atau memprosesnya. Tapi secara umum, buncis memiliki manfaat dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Berdasarkan Kandungan Gizinya

Semua sayuran tentu baik untuk kesehatan kan? Maka buncis pun demikian. Sayuran berwarna hijau muda ini juga baik untuk kesehatan karena merupakan sumber energi rendah kalori dan rendah lemak. Sayuran ini juga kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Melansir berbagai sumber, manfaat buncis untuk kesehatan di antaranya sebagai berikut:

1. Memperbaiki Sel yang Rusak

Di dalam buncis terdapat kandungan vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu tubuh menyerap zat besi—mineral penting yang dibutuhkan supaya tubuh sehat.

2. Menjaga Tulang Kuat

Selain susu, buncis rupanya juga membantu menjaga tulangmu kuat loh. Itu berkat kandungan vitamin K di dalamnya. Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah, dan juga meningkatkan kesehatan tulang. Dengan konsumsi seporsi buncis, maka kamu dapat memenuhi lebih dari 20% kebutuhan vitamin K harian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait