menu
user
URtech

13 Wilayah Indonesia yang Bakal Cicipi 5G Lebih Dulu

Afid Ahman,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
13 Wilayah Indonesia yang Bakal Cicipi 5G Lebih Dulu
Image: Ilustrasi Jaringan 5G. (Foto: Freepik)

Jakarta - Sebanyak 13 wilayah di Indonesia bakal mencicipi 5G lebih dulu.

Hal tersebut tertuang dalam Rencana Strategis 2020-2024 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategi Kominfo.

Ada enam ibukota provinsi di Pulau Jawa yang diselimuti 5G, yakni Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Ada sejumlah alasan kenapa enam daerah tersebut dipilih.

“Pemilihan lokasi enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G, karena enam lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur,” tulis dalam PM No. 2/2021.

Jaringan 5G bakal juga tersedia di lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Labuhan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobodur (Jateng). 

Tidak ketinggalan Ibu kota negara baru dan pusat industri manufaktur bakal dipasang 5G.

Kominfo – dalam PM No. 2/2021 - berharap implementasi pertama 5G bisa terlaksana secepatnya. Lalu setelahnya jaringan 5G akan diperluas sesuai dengan permintaan di wilayah lain.

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi lain," kata Kominfo.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait