URnews

173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi Pertama PPPK 2021

Shelly Lisdya, Jumat, 8 Oktober 2021 16.18 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi Pertama PPPK 2021
Image: Ilustrasi seleksi CASN/Pinterest/Dianisa.com

Jakarta - Pemerintah hari ini Jumat, 8 Oktober 2021 secara resmi mengumumkan hasil ujian seleksi pertama guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Dari pengumuman tersebut, sebanyak 173.329 guru honorer lulus ujian seleksi pertama atau sebanyak 53,7 persen formasi guru terisi dari 322.663 formasi yang mendapatkan pelamar pada ujian seleksi tahap pertama.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mengatakan, bahwa seleksi untuk guru sebagai PPPK merupakan bukti komitmen kuat pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honorer sekolah negeri.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), status kepegawaian ini akan memberikan perlindungan kepada guru honorer dan lebih mengangkat derajat guru sebagai profesi mulia dan terhormat,” kata Nadiem.

 “Dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat juga akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi sehingga akan berimbas pada peningkatan kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar-pelajar Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nadiem menjelaskan, bahwa pemerintah pusat sebelumnya sudah menyediakan 1.002.616 atau satu juta formasi untuk guru ASN PPPK. Dari kuota tersebut, pemerintah daerah kemudian mengajukan sekitar 506.252 formasi yang disepakati dengan pemerintah pusat.

“Jumlah sekitar 500 ribu formasi guru ASN PPPK ini bisa dikatakan rekor tertinggi sejak beberapa tahun terakhir, sehingga hal ini perlu kita syukuri dan rayakan bersama,” pungkasnya.

Urbanreaders yang mengikuti seleksi PPPK dapat mengakses melalui laman ini atau di sini dengan mencantumkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor peserta yang terdaftar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait