Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

2 Minggu Nol Pasien Corona, Ini Cara RSLI Manfaatkan Waktu Rehat

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
2 Minggu Nol Pasien Corona, Ini Cara RSLI Manfaatkan Waktu Rehat
Image: Kondisi RSLI saat zero pasien COVID-19.(Istimewa)

Surabaya - Minggu ini, genap sudah setengah bulan Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya berstatus zero pasien. Sejak belum kedatangan pasien COVID-19 lagi, para personel RSLI ternyata tak hanya sekedar memanfaatkan waktu untuk rehat loh.

Laksamana Pertama dr Ahmad Samsulhadi, MARS selaku penanggungjawab RSLI menegaskan bahwa tak ada personil RSLI yang berdiam diri pada saat zero pasien ini.

"Semuanya boleh rehat, namun tetap melaksanakan evaluasi dan meningkatkan performa serta kapasitasnya sehingga sewaktu-waktu siap bertugas kembali dengan kondisi apapaun," katanya.

Ia mengatakan bahwa semua yang bertugas tetap mengisi hari-hari dengan aktifitas bermutu tanpa meninggalkan kesiap-siagaan bila sewaktu-waktu RSLI kembali didatangi atau bahkan dibanjiri pasien COVID-19.

“Kami berharap pandemi COVID-19 ini segera selesai. Kami selaku manajemen rumah sakit juga terus berkoordinasi dengan banyak pihak untuk tetap menjaga kekompakan dan kesiapsiagaan semua personil hingga tugas rumah sakit ini selesai,” pungkasnya.

Ia pun mengatakan bahwa memang ada beberapa unit melonggarkan rutinitas kegiatannya, namun tetap menjadwalkan keberadaan personel di setiap shif sehingga fungsi layanan tetap berjalan dan siap sewaktu-waktu. Seperti misalnya para dokter RSLI yang memanfaatkan masa rehat ini untuk gowes bersama.

Berangkat dari RSLI pada pukul 06.00 WIB, rombongan gowes dokter RSLI menyusuri indahnya Kota Surabaya dan tak lupa menikmati kuliner bersama.

Dr Nurarifa, salah satu dokter umum RSLI yang ikut dalam kegiatan itu mengatakan bahwa gowes bareng ini membantu para dokter melepaskan penat, memupuk kekompakan, sekaligus merawat serta menjaga kesehatan tubuh.

1634630565-Dokter-RSLI.jpgSumber: Dokter RSLI gowes bersama saat kondisi zero pasien COVID-19. (Istimewa)

“Sudah lama kami tidak rehat untuk sekedar menikmati destinasi Kota Surabaya yang ternyata tidak kalah dengan tempat wisata lain di luar kota," kata dr Nurarifa.

Sementara itu, para TNI, security dan cleaning servie juga tetap melaksanakan aktivitas sesuai tupoksinya. Mereka mengawali tugas pagi itu dengan apel dan dilanjutkan dengan tugas masing-masing.

Para anggota TNI tetap menjalankan PAM dilingkungan RSLI, begitu pula dengan security yang melakukan pengawasan dan pengaman keliling RSLI untuk memastikan kondisi benar-benar aman terkendali.

Sementara petugas cleaning service melaksanakan pembersihan diseluruh lingkungan RSLI, termasuk zona merah yang sementara ini menjadi zona hijau karena zero pasien.

Unit sarana dan prasaran juga memeriksa dan membenahi fasilitas yang ada. Termasuk memperbaiki AC dan beberapa kursi dan bed yang rusak.

Sementara Relawan Pendamping Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) yang tergabung dalam Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 (PPKPC) kembali meyelenggarakan webinar untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman para relawan dan menjalankan fungsi edukasi pada masyarakat. 

Materi webinar itu selanjutnya disebarluaskan melalui kanal YouTube, Instagram dan media sosial relawan PPKPC. Ahmad pun berharap materi itu dapat menjadi referensi dan tambahan pengetahuan bagi masyarakat umum.

Nah, salah satunya webinar yang belum lama ini digelar bertajuk 'Bahas Tuntas Vaksinasi pada Usia Lanjut Bersama Para Dokter Spesialis'. Kamu juga bisa mengikuti berbagai webinar menarik dari relawan RSLI di kanal YouTube Relawan Pendamping RS Indrapura!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait