Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

3 Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap dengan Artinya

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap dengan Artinya
Image: Ilustrasi berdoa. (Freepik/Rawpixel.com)

Jakarta - Selama manusia hidup, manusia pasti akan mengalami musibah. Namun musibah tersebut ternyata bisa dihindarkan. Caranya yaitu dengan membaca doa tolak bala. Bagaimana bacaan doa tolak bala?

Doa tolak bala adalah doa yang dibaca dengan tujuan menghindarkan diri dari hal buruk atau musibah

Mengutip kamus 'Lisan Al-Arab' karya Ibn Manzhur, dalam Al-Quran al-balā‟ atau balā (بال) atau baliya (بلى) dalam bahasa Arab berarti ujian dan cobaan. Kata al-bala punya makna yang sama dengan kata al-Ibtalā (الألبتالء).

Namun di dalam Al-Quran, umumnya al-bala digunakan untuk ujian yang baik. Sementara al-Ibtalā digambarkan sebagai ujian yang buruk.

Setiap ulama punya definisi berbeda-beda mengenai bala. Fairuzabadi mengatakan bahwa al-balā‟ adalah ujian yang bisa berupa kebaikan (minhah) maupun keburukan (mihnah).

Ibn Manzhurdalam kamus 'Lisan Al-Arab' mengungkapkan al-balā‟ bermakna (alIkhtibār) ujian, baik yang berbentuk kebaikan maupun keburukan. Al-Rāghib al-Isfahāny juga memaknai al-balā‟ berarti ujian kebaikan dengan ujian keburukan.

Jadi secara garis besar, tiga ulama tersebut menyimpulkan kalau bala bisa diartikan ujian kebaikan maupun ujian keburukan.

Adapun bacaan doa tolak bala adalah sebagai berikut:

1. Doa Tolak Bala dalam Al-Quran

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Robbanaa Aatinaa Fid Dun-Yaa Hasanah, Wa Fil Aakhiroti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.” (Surat Al-Baqarah ayat 201)

2. Doa Tolak Bala yang Diajarkan Rasulullah

اَلْـحَمْدُ لل الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً 

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan”

3. Doa Tolak Bala yang Sering Didengar di Mushala

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ  

Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn. 

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Nah, itu dia bacaan doa tolak bala beserta artinya, Urbanreaders. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait