Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Lengkap Arab dan Artinya

Kintan Lestari,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Lengkap Arab dan Artinya
Image: Ilustrasi tidur (Freepik)

Jakarta - Muslim yang baik tentu saat melakukan sesuatu atau mengakhiri sesuatu selalu membaca doa. Begitupun sebelum tidur dan setelah bangun tidur, kamu perlu membaca doa sebelum tidur dan bangun tidur.

Kenapa kita harus membaca doa sebelum tidur dan setelah bangun tidur? Berdoa berarti meminta kepada Allah SWT agar kita dihindarkan dari segala macam godaan setan dan sebagai bentuk syukur. 

Saat tertidur, kita sebenarnya mengalami mati karena kesadaran serta panca indera kita tidak berfungsi. Hal itu bahkan ada dalam sabda Rasulullah yang berbunyi "Tidur itu temannya mati” (HR Baihaqi, Thabrani dan Bazzar).

Al Quran lewat surat Az-Zumar ayat 42 juga menyebutkan kematian saat tertidur.

اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الْاَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا وَالَّتِيْ لَمْ تَمُتْ فِيْ مَنَامِهَا ۚ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضٰى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْاُخْرٰىٓ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan…”

Berdoa sebelum tidur berdoa, itu artinya kita minta agar saat tidur dihindarkan dari godaan setan sampai kita membuka mata. Sementara membaca doa saat bangun tidur adalah sebagai bentuk rasa syukur karena kita masih diizinkan membuka mata kembali dan menjalani aktivitas seperti sedia kala.

Lalu bagaimana doa sebelum tidur dan doa setelah bangun tidur? Berikut bacaan doanya, Urbanreaders!

1594863725-mimpi-basah3.jpgSumber: Ilustrasi bangun tidur. (Freepik)

Doa Sebelum Tidur

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Doa Setelah Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Nah, itu dia Urbanreaders bacaan doa sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Mulai sekarang, jangan lupa dibaca ya doa tersebut supaya kamu senantiasa dilindungi saat tertidur dan sebagai ucapan syukur karena bisa membuka mata kembali!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait