Jakarta - Pertumbuhan content creator di Indonesia sangat pesat pada beberapa tahun terakhir. 

Lihat saja pada 2016 hanya ada 2 creator Indonesia yang memiliki Gold Button YouTube (1 juta subscribers). Pada Maret lalu jumlahnya bertambah menjadi  577 creator yang memiliki Gold Button. 

Hal ini motivasi bagi siapapun untuk membuat konten video agar meraup kesuksesan serupa. Tapi harus diingat agar bisa meraih semua itu harus dibarengi dengan pembuatan konten yang menarik agar banyak yang melirik.

Nah lewat Galaxy Creator Workshop: Be A Creator, Be Awesome You, Samsung Electronics Indonesia membagikan tips bagaimana bikin video blog alias vlog yang stand out meski menggunakan ponsel sekalipun.

“Melalui Galaxy Creator Workshop, kami terus berusaha memberikan inspirasi dan semangat kepada generasi muda untuk bisa menggunakan potensi yang ada pada perangkat ponsel mereka secara optimal untuk menghasilkan konten video, khususnya Vlog yang awesome," kata  Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut 3 cara yang perlu dilakukan:

1. Belajar Ngedit

Editing bikin vlog kamu makin kaya dan berkualitas. Manjain mata viewers kamu dengan transisi yang smooth, pop-up efek yang fun, dan pewarnaan yang menarik. Buat kamu yang pemula, kamu bisa coba jelajahi fitur video editing pada Galaxy A51 atau A71. 

Selain bisa memotong video, kamu dapat mengganti filter warna, masukin teks dan lagu, hingga beautify effect. 

Buat kamu yang ingin lebih lagi, banyak banget aplikasi editing yang tersedia di Playstore untuk kamu coba. Kamu bisa milih Filmorago, Kinemaster, Viva Video dan lainnya. Kamu hanya perlu explore mana yang cocok dan cukup tekuni satu aplikasi saja.

2. Konsisten dan Tentukan Tipe Vlog

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dari vlog yang kita buat. Mungkin ada banyak vlogger yang bikin konten keren, tapi tidak konsisten dalam melakukannya. 

Ada tiga tipe konten vlog, yaitu: 
- Original series, yaitu tipe konten yang diupload dengan timeline rutin setiap minggunya. 
- Konten always on, yaitu biasa dikenal dengan konten yang memberikan tips dan trik melakukan sesuatu. Tipe konten ini cenderung timeless atau tak lekang oleh waktu dan dapat dikonsumsi kapan saja hingga waktu yang lama. 
- Tentpole atau dikenal sebagai “hero” content, yang melibatkan skala produksi yang lebih besar dan profesional.

3. Ikuti passion kamu

Kegiatan yang kita lakukan sesuai passion pasti bakalan lebih enjoy dijalankan dan hasilnya pasti lebih maksimal. Nah, buat kamu yang masih coba-coba berbagai macam jenis konten, mungkin kamu bisa memulai bikin konten yang memang sesuai dengan yang kamu suka. 

Misalnya kamu cinta banget action figure, buatlah konten review dan unboxing action figure. Atau buat kamu yang hobi banget makan enak dan tahu tempat-tempat makan yang masih belum banyak orang ketahui, kamu bisa bikin konten food vlogging dan bocorin ‘hidden gem’ kamu ke viewers!

Komentar
paper plane