beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

3 Contoh Daftar Riwayat Hidup Profesional dan Formatnya

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Contoh Daftar Riwayat Hidup Profesional dan Formatnya
Image: Ilustrasi - Contoh daftar riwayat hidup. (Freepik)

Jakarta - Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi informasi seputar data diri, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja seseorang. Berkas ini sering digunakan dalam urusan lamaran kerja. Daftar riwayat hidup jadi aspek terpenting dalam melamar pekerjaan.

Perusahaan yang sedang merekrut tenaga kerja, pada umumnya akan meminta sejumlah berkas persyaratan kepada pelamar, termasuk daftar riwayat hidup. Ini adalah hal yang paling sering diperhatikan oleh HRD.

Setiap daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) tentunya berbeda, karena masing-masing individu ingin menunjukkan keahlian yang membuatnya cocok untuk posisi pekerjaan yang dilamar. 

Namun, semua daftar riwayat hidup memiliki struktur yang sama. Untuk informasi yang lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini!

Definisi Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat hidup atau CV adalah dokumen pemasaran pribadi yang digunakan untuk 'menjual diri' kamu kepada calon pemberi kerja. Daftar riwayat hidup harus memberi tahu mereka tentang kamu, sejarah profesional kamu dan keterampilan, kemampuan, dan pencapaian kamu. Pada akhirnya, CV harus menyoroti mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu.

Daftar riwayat hidup juga mencakup referensi profesional, kursus, kerja lapangan, hobi, dan minat yang relevan dengan profesi kamu. 

Kamu juga dapat memilih untuk menambahkan profil pribadi yang mencantumkan keterampilan dan atribut positif untuk meyakinkan pemberi kerja dalam melihat secara menyeluruh tentang kepribadian dan pencapaian kamu.

Daftar riwayat hidup diperlukan saat melamar pekerjaan. Selain CV kamu, pemberi kerja mungkin juga memerlukan surat lamaran dan formulir aplikasi yang sudah diisi.

Isi Daftar Riwayat Hidup

Nah untuk membuat riwayat hidup, kamu harus memastikan daftarnya berisi tentang beberapa informasi berikut:

  • Identitas Diri
  • Profil Pribadi
  • Riwayat akademik
  • Pengalaman dan Riwayat Pekerjaan
  • Keterampilan Utama
  • Hobi dan Minat
  • Prestasi atau penghargaan

Semua bagian di atas harus diuraikan secara ringkas dan jelas. Artinya, isi Daftar Riwayat Hidup tidak boleh berbelit-belit. Sebab, umumnya pihak rekruter tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk membaca semua informasi di dokumen Daftar Riwayat Hidup milik kamu.

Oleh karenanya, agar kamu bisa lebih leluasa menjelaskan kelebihan diri kamu yang relevan pada dokumen tersebut, simaklah contoh Daftar Riwayat Hidup untuk melamar pekerjaan berikut ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait