beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Jenis dan Contoh Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Suci Nabila Azzahra,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jenis dan Contoh Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah
Image: Ilustrasi - Pembuatan surat kuasa. (Freepik)

Jakarta - Sertifikat tanah merupakan dokumen yang penting diperhatikan saat akan melakukan transaksi tanah. Sertifikat tanah sendiri keberadaannya diberikan secara langsung oleh notaris atau Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Namun dalam beberapa kondisi pengambilan sertifikat tanah bisa diwakilkan oleh siapa saja, jika alasannya jelas dan memang orang tersebut memiliki surat kuasa.

Nah, lalu bagaimana cara membuat surat tersebut? Lalu, bagaimana pula contoh surat kuasa pengambilan sertifikat tanah yang benar?Berikut contoh surat kuasa pengambilan sertifikat tanah, lengkap dengan persyaratannya. Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Surat Kuasa?

Surat kuasa adalah sebuah dokumen legal yang di dalamnya berisikan sebuah pemberian atau limpahan kuasa atas suatu aktivitas atau pekerjaan kepada satu pihak tertentu yang sudah dipercayakan sebelumnya.

Pemberian kuasa ataupun wewenang tersebut bisa dilakukan apabila terjadi karena satu dan lain hal yang membuat seseorang pemberi kuasa tidak bisa melakukan tanggung jawabnya dan harus diwakilkan kepada orang lain yang dipercayakannya.

Jenis Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Surat kuasa pengambilan sertifikat tanah ada beberapa jenis, berikut penjelasannya:

1. Surat Kuasa Umum

Surat kuasa yang digunakan untuk berbagai keperluan. Surat kuasa umum memiliki sifat yang ringan dan tidak diiringi tanggung jawab tinggi.

2. Surat Kuasa Khusus

Diberikan secara khusus hanya untuk mengurus suatu kepentingan tertentu. Surat kuasa khusus bisa digunakan untuk kepentingan mendesak dari pemberi kuasa dan hanya bisa dilakukan secara terperinci.

3. Surat Kuasa Istimewa

Jenis surat ini memiliki sifat limitatif dan hanya terbatas untuk keperluan yang penting. Surat kuasa istimewa pun hanya bisa diwakilkan oleh seseorang yang bersangkutan secara pribadi. Jenis surat ini berbentuk akta notaris dan memiliki sifat yang legal di mata hukum.

4. Surat Kuasa Perantara

Bisa disebut juga sebagai perwakilan untuk melakukan bentuk perbuatan tertentu dengan pihak ketiga agar mencapai kesepakatan bersama. 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait