Jakarta - Gulai, jeroan, junk food, sosis, nugget, semua itu rasanya nikmat banget kan ya, Urbanreaders.

Namun dibalik kenikmatan makanan-makanan itu, ada risiko penyakit mengintai. Yap, betul penyakit yang muncul karena kadar kolesterol yang tinggi seperti hipertensi, stroke, sampai penyakit jantung.

Kolesterol sebenarnya punya fungsi baik bagi tubuh, namun konsumsi makanan-makanan tadi secara berlebihan bisa menyebabkan kadar kolesterol naik sehingga kadar kolesterol dalam darah melampaui batas normal.

Makan-makanan berkolesterol bisa menyebabkan kadar kolesterol naik. Maka dari itu perlu diperhatikan porsinya dan jangan berlebihan makanannya. Jadi kalau sekali-kali makan ya tidak masalah.

Misalnya kamu habis makan-makanan berkolesterol, sebaiknya kamu menghindari melakukan hal-hal berikut. Apa saja?

Berikut tiga hal yang harus kamu hindari setelah makan-makanan berkolesterol seperti dilansir Boldsky.

1. Minuman Dingin

1605775519-minuman-soda.jpgSumber: Ilustrasi minuman soda (Pixabay)

Kita sebenarnya disarankan untuk minum air hangat setelah makan karena membantu pencernaan lebih mudah. 

Namun kebanyakan dari kita memilih minuman dingin karena sensasi menyegarkan, seperti es teh, es krim, minuman soda, dan sebagainya.

Minuman dingin tadi cenderung mengubah mikrobiota usus dan mengurangi kekebalan usus. Apalagi makanan berminyak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. 

Oleh karena itu, mengonsumsi apa pun yang dingin bersama dengan makanan tinggi kolesterol dapat membuat proses pencernaan semakin sulit dan menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung atau gangguan pencernaan.

2. Langsung Tidur

1605923356-tidur-nyenyak.jpgSumber: Ilustrasi tidur (Freepik)

Umumnya setelah kenyang kita akan merasa ngantuk, dan akhirnya tanpa sadar tertidur. Tidur langsung setelah makan berat berbahaya bagi pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Langsung tertidur setelah makan bisa mencegah proses pencernaan baik. Akibatnya bisa jadi mules, masalah lambung, dan gangguan pencernaan. Kebiasaan ini juga mencegah kalori terbakar yang mengarah pada meningkatnya berat badan.

Para ahli menyarankan untuk menjaga jarak setidaknya tiga jam antara waktu makan dan waktu tidur.

3. Hindari Alkohol

1605157832-Ilustrasi-minuman-beralkohol.jpgSumber: Freepik

Minum-minuman beralkohol dapat menambah kalori ekstra yang berkontribusi pada peningkatan berat badan.

Selain itu, terlalu banyak minum-minuman beralkohol mengganggu kesehatan pencernaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Akan tetapi, beberapa penelitian mengatakan bahwa sedikit anggur merah dapat membantu meningkatkan kesehatan usus karena kaya akan kandungan fenoliknya. Tapi ingat ya, sedikit saja!

Komentar
paper plane