beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

3 Jenis Bansos Pengalihan Subsidi BBM, Ini Rinciannya!

Nivita Saldyni,
31 Agustus 2022 11.59.28 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Jenis Bansos Pengalihan Subsidi BBM, Ini Rinciannya!
Image: Ilustrasi - Pengadaan bansos COVID-19. (Dok. Kemensos)

Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan Rp 24,17 triliun bantuan sosial (bansos) tambahan sebagai pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut salah satu tujuan penyaluran bantuan ini untuk mengurangi tekanan terhadap masyarakat di tengah kenaikan harga barang akhir-akhir ini. 

“Ini diharapkan akan bisa mengurangi tekanan kepada masyarakat dan bahkan mengurangi kemiskinan. Sehingga kami bisa memberikan dukungan kepada masyarakat yang memang hari-hari ini dihadapkan pada tekanan terhadap kenaikan harga,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, total dana tersebut bakal disalurkan lewat tiga jenis bantuan. Ia juga memastikan ketiga bantuan tersebut sudah bisa mulai disalurkan pada pekan ini.

Nah apa aja sih tiga bantuan pengalihan subsidi BBM yang bakal disalurkan pemerintah? Berikut daftarnya:

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bantuan pertama yaitu bantuan langsung tunai (BLT) dengan total anggaran Rp 12,4 triliun. Bantuan ini akan disalurkan untuk 20,65 juta kelompok masyarakat.

Besaran BLT ini yaitu Rp 150.000 sebanyak empat kali. Nantinya Kementerian Sosial bakal menyalurkan bantuan ke penerima manfaat sebesar Rp 300.000 sebanyak dua kali. Penyaluran bantuan ini akan diberikan lewat berbagai saluran Kantor Pos Indonesia.

2. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait