menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

3 Mitos Waktu Kemunculan Makhluk Halus

Griska Laras,
11 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Mitos Waktu Kemunculan Makhluk Halus
Image: Tengah malam menjadi mitos kemunculan hantu. (Ilustrasi/Pixabay)

JakartaMakhluk halus tinggal di dimensi yang berbeda dengan manusia. Karena itu, sangat kecil kemungkinan manusia bisa melihat mereka. 

Meski demikian sebagian orang percaya ada waktu-waktu tertentu yang mempertemukan dua dimensi ini, terutama mereka yang tinggal di daerah yang masih kental dengan mitos.

Mitos ini berkembang di masyarakat dan bertahan sampai ke tiap generasi. Berikut  3 waktu yang dipercaya menjadi kemunculan makhluk halus, Urbanreaders.

1. Menjelang Magrib

1596716369-ilustrasi-menjelang-maghrib.jpgIlustrasi menjelang magrib. (Pixabay)

Urbanreaders mungkin pernah dilarang ke luar rumah saat sore menjelang maghrib. Beberapa orang percaya pada waktu tersebut banyak makhluk halus berkeliaran. Konon, pada waktu tersebut makhluk halus memiliki energi  yang lebih kuat untuk menampakkan diri.

Tapi ternyata hal ini ada penjelasan ilmiahnya lho guys. Sore menjelang maghrib merupakan waktu ketika langit berubah merah. Spektrum cahaya di sore hari ikut memancarkan resonansi yang sama dengan makhluk halus. 

2. Tengah Malam

1596716536-tengah-malam.pngIlustrasi tengah malam. (Pixabay)

Banyak yang percaya, tengah malam (pukul 00.00) merupakan waktu saat makhluk halus muncul. Langit gelap dan suasana sunyi yang mencekam membuat beberapa orang berpikira jika setan akan muncul pada waktu ini. Padahal, hal tersebut hanya hasil sugesti orang-orang zaman dahulu yang hidup di tengah kegelapan karena belum ada aliran listrik.

3. Sepertiga Malam

1596716665-ilustrasi-sepertiga-malam.jpgIlustrasi sepertiga malam. (Pixabay)

Sama halnya dengan dua waktu lainnya, sepertiga malam atau sekitar pukul 03.00 sering dianggap sebagai waktu kemunculan setan. Beberapa orang yang terbangun dari tidur di waktu tersebut bahkan mengaku pernah melihat dengan makhluk halus.

Sebenarnya ada penjelasan ilmiah di balik mitos tersebut. Jadi pada waktu ini orang yang tertidur akan memasuki fase Rapid Eye Movement (REM) yang mengakibatkan mereka  memasuki tahap bermimpi.

Sebagian orang juga akan mengalami gangguan tidur sleep paralysis saat berada di fase ini. Hal ini terjadi saat seseorang sadar sebelum fase tidur REM selesai.

Akibatnya otak belum siap  mengirim sinyal bangun, sehingga tubuh masih dalam kondisi antara tidur dan  sadar.

Dalam tahap tersebut,  seseorang akan  merasakan beberapa sensasi seperti suliy menggerakkan tangan dan kaki, tidak bisa berbicara, merasa ada tekanan di dada, reaksi teror atau panik, bahkan sampai halusinasi pendengaran, visual dan perasaan. 

Sensasi tersebut bercampur dengan semua kepercayaan, mitos dan cerita yang bisa membuat orang percaya bahwa seseorang melihat atau 'tertindih: setan di waktu tersebut. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait