menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

3 Tips untuk Dapatkan Dukungan dari Pasangan

Itha Prabandhani,
4 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Tips untuk Dapatkan Dukungan dari Pasangan
Image: Ilustrasi dukungan dari pasangan (Freepik/yanayla)

Jakarta - Dukungan dari pasangan sangat dibutuhkan, terutama saat kita menghadapi masalah. Dengan dukungan dari pasangan, kamu akan merasa bersemangat untuk mengatasi kesulitan yang tengah kamu jalani.

Sayangnya, kadang kala kita merasa nggak cukup didukung oleh pasangan, misalnya dalam hal mengejar karier, pekerjaan, mendapatkan promosi, atau masalah anak. Biar bagaimanapun, pasangan adalah orang terdekat yang kehadirannya kamu butuhkan. Kurangnya dukungan dari pasangan, bisa bikin kamu merasa kesepian.

Terus, gimana dong cara mendapatkan dukungan dari pasangan? Berikut beberapa tips dari Kei Savourie, Relationship Coach sekaligus Founder kelascinta.com.

Yuk, simak ulasannya, guys!

1. Dukung Duluan dengan Cara yang Benar

1617960226-tips-pacaran-awet---freepik-halayalex.jpgSumber: Ilustrasi. (freepik/halayalex)

Dalam berhubungan, kamu nggak bisa mengharapkan pasangan akan mendukung, kalau kamu nggak mulai duluan. Apalagi, kalau pasangan kamu bukan tipe orang yang ekspresif dengan perasaannya. Karena itu, tunjukkan dulu perhatian dan dukunganmu dengan bilang ‘I love you’, memeluk, memberikan nasihat, atau membantu mengatasi masalahnya. Selain itu, cari tahu dukungan seperti apa yang dibutuhkan pasangan.

“Misalnya, pasangan lagi pulang kantor dan merasa stres atau capek, pasangan cuma mau didengerin atau dipeluk. Tapi seringnya, kita malah malah menasihati. Meskipun ini juga bentuk dukungan, namun caranya bukan yang diinginkan pasangan. Kalau sudah begini, pasangan akan merasa nggak disupport. Ini adalah kesalahan klasik, yang malah jadi bikin berantem,” papar Kei dalam webinar ‘Supaya Selalu Didukung oleh Pasangan, Kita Harus Gimana?’, Minggu (2/5/2021).

Menurut Kei, ketika kita memberi dukungan dengan cara yang dia butuhkan, pasangan juga akan senang untuk balik support kamu. Pasangan yang happy dan merasa didukung, juga akan termotivasi untuk memberi dukungan lagi ke depannya.

2. Minta Dukungan dari Pasangan Sesuai yang Kita Butuhkan

1614212656-nikah-tanpa-pacaran---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi menikah tanpa pacaran/Freepik: Wayhomestudio

Agar kamu juga mendapatkan dukungan seperti yang kamu harapkan, jelaskan bentuk dukungan yang lagi kamu butuhkan. Daripada ngomong, “Kamu itu nggak support aku!”, lebih baik kamu jelaskan “Sayang, saat ini aku butuh kamu semangatin aku aja.” Atau, kamu juga bisa langsung bilang apa yang kamu butuhkan dari pasangan. Misalnya, “Boleh nggak kamu gantiin aku dulu untuk jaga anak, sementara aku selesaikan pekerjaan.”

3. Hargai Dukungan yang Sudah Diberikan oleh Pasangan

1614212630-nikah-tanpa-pacaran---freepik-senivpetro.jpgSumber: Ilustrasi menikah tanpa pacaran (Freepik/Seniv Petro)

Cara terakhir untuk mendapatkan dukungan dari pasangan bukan dengan disindir, diomelin, atau dimarahin, guys. Sebaliknya, berikan pujian atau apresiasi atas apa yang sudah dilakukannya padamu. Misalnya, saat pacar menjemput, kamu bisa bilang, “Makasih sayang udah panas-panas jemput aku,” jangan malah diomelin seperti “Kok jemputnya telat sih!”

Ketika kamu memberi apresiasi atas dukungan yang diberikan pasangan, dia akan merasa dihargai. Meskipun pasangan memberi dukungan dengan cara yang salah, kita pun tetap harus menghargai niat baiknya. Kamu bisa bilang, “Makasih ya nasihatnya, tapi aku lagi butuh buat didengerin aja.”

Apalagi, kalau bentuk dukungannya sesuai dengan yang kita maui, jangan lupa untuk memujinya. “Wah, makasih ya kamu ngertiin aku banget, aku memang lagi butuh dipeluk dan diberi semangat”. Dengan begitu, pasangan akan bersemangat dan lebih termotivasi untuk terus mendukung kamu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait