Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi Corona  

Griska Laras,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi Corona  
Image: Ilustrasi bahagia/Pexel: Andrea Piacquadio

Jakarta -  Psikolog Klinis Nago Tejena menyebut kesehatan mental perlu diperhatikan dan selalu dijaga di tengah pandemi yang telah membawa banyak perubahan dalam bersosialisasi.
 
Nago mengatakan kesehatan mental bisa dipelihara dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat, dan berdamai dengan keadaan. Berikut tipsnya!

1. Kurangi Media Sosial

Logo Instagram.jpgSumber: Instagram

Menurut Nago terlalu sering membuka media sosial bisa membuat seseorang menjadi mudah cemas. Hal ini karena informasi yang masuk, di luar batas kemampuan seseorang untuk mengendalikannya.
 
“Saat membuka media sosial atau internet, mencari berita itu memang perlu. Namun jangan lupa juga untuk mencari hal-hal lain yang lebih menyenangkan, menghibur atau menginspirasi agar suasana hati lebih tenang,” kata Nago melalui siaran pers Tokopedia, Sabtu (9/10/2021).

 2. Lakukan Hobi

1627018051-memasak-bareng-anak-Freepik-freepik.jpegSumber: Memasak bersama anak (Freepik/Freepik)

Ada banyak hobi yang bisa dilakukan selama pandemi, dari memasak, bersepeda hingga berkebun.
 
“Masak bukan cuma untuk sebagai hiburan atau pengalihan saja, tapi juga bisa bantu kita untuk tetap produktif," kata Nago
 
"Atau juga bisa mulai berkebun. Selain bisa menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun punya beberapa manfaat untuk kesehatan mental kita, seperti melatih konsentrasi, mindfulness, dan kembali terkoneksi dengan alam yang mungkin kita tinggalkan,” jelas Nago.

3. Rutin Olahraga

1618291121-aktivitas-fisik---pixabay---lograstudio.JPGSumber: Ilustrasi olahraga. (Pixabay/lograstudio) 

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental.
 
4. Hubungi Ahli

1611113070-Carilah-Bantuan-Konseling-Psikologis.jpgSumber: Carilah Bantuan Konseling Psikolog. (istockphoto)

Gangguan kecemasan akan semakin buruk jika tidak dikendalikan. Jika gangguan itu sampai membuat aktivitas dan kehidupanmu terganggu, sudah saatnya kamu minta bantuan dari profesional.
 
“Meminta bantuan profesional kesehatan mental bukanlah suatu hal yang memalukan. Justru langkah tersebut adalah bukti bahwa kita peduli dan sadar akan pentingnya menjaga diri,” papar Nago.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait