Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Sunscreen

Kintan Lestari,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Sunscreen
Image: Ilustrasi sunscreen (soslukin/Freepik)

Jakarta - Siapa nih Urbanreaders yang suka bingung kalau nyari sunscreen? Banyaknya produk yang tersedia bikin pembeli jadi bingung harus pilih yang mana.

Kalau misalnya asal beli dan ternyata sunscreen yang kita pilih nggak efektif, kan jadi rugi dong. Lalu, konsumen harus beli yang mana dong biar sunscreen yang dibeli efektif melindungi dari paparan sinar matahari?

Berikut Urbanasia rangkum tips mencari sunscreen yang tepat supaya kulitmu terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB.

1. Pilih Sunscreen Minimal SPF 30

1631519419-Sunscreen.pngSumber: Ilustrasi sunscreen. (Unsplash/Onela Ymeri)

Kamu suka perhatikan SPF yang tercantum di produk sunscreen nggak? Nah, kalau sudah kamu perhatikan, kamu ambil yang bertuliskan setidaknya SPF 30. Jangan beli sunscreen yang SPF-nya di bawah 30. 

“Setiap SPF kurang dari 30 benar-benar tidak memberi tingkat perlindungan matahari yang kulitmu butuhkan,” kata Deanne Mraz Robinson, presiden dan salah satu pendiri Modern Dermatology seperti dikutip dari The Healthy. 

2. Bertuliskan Broad Spectrum

1594463296-tabir-surya2.jpgSumber: Freepik

Buat yang lagi nyari sunscreen, perhatiin bener-bener ya label sampai bahan kandungan di produk. Pastikan sunscreen yang kamu beli bertuliskan 'broad spectrum'. 

Label 'broad spectrum' menunjukkan bahwa tabir surya tersebut melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

“Dua hal terpenting yang harus diperhatikan pada label adalah 'broad spectrum,' yang menunjukkan bahwa tabir surya melindungi terhadap ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB), dan peringkat SPF, yang menunjukkan seberapa baik perlindungannya terhadap UVB,” kata Sejal Shah seorang dokter kulit.

3. Jenis Kulit

1613455657-rekomendasi-sunscreen--freepik-veronastudio.jpgSumber: Ilustrasi sunscreen. (Freepik/veronastudio)

Ini nih yang sering banget diabaikan orang. Banyak yang berbondong-bondong beli satu produk karena lagi hype, padahal tipe kulitnya nggak cocok.

Buat pemilik kulit berminyak, pilih sunscreen yang teksturnya gel atau lotion. Kalau untuk pemilik kulit sensitif, pilih yang bebas parfum. Kalau untuk pemilik kulit kering, pilih produk yang teksturnya krim.

4. Water Resistance

1629799218-sunscreen.jpgSumber: Ilustrasi sunscreen (Unsplash/batch_by_whs)

Biarpun kamu nggak berencana berenang, tetap pilih sunscreen yang ada tulisan water resistance-nya. Soalnya kalau berkeringat, formula tahan air akan membuat kulitmu masih terlindungi lebih lama.

"Tabir surya dapat diuji untuk perlindungan tahan air selama 40 atau 80 menit, tetapi pengaplikasian kembali tabir surya diperlukan setiap dua jam atau setelah banyak berkeringat, berenang, atau hanya diseka dengan handuk," ujar Fayne Frey, MD, seorang dokter kulit di West Nyack, New York.

Itu dia Urbanreaders hal-hal yang harus ada dalam produk sunscreen kamu. Dijamin sunscreen yang kamu beli melindungi kamu dari paparan sinar matahari. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait