menu
user
URtech

4 Tanda Akun WhatsApp Disadap Orang

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tanda Akun WhatsApp Disadap Orang
Image: Ilustrasi WhatsApp. (net)

Jakarta - WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi chat paling populer di dunia dengan jumlah pengguna lebih dari Rp 1.5 miliar per hari.

Aplikasi besutan Jan Koum ini mengklaim memiliki tingkat keamanan yang terenkripsi, tapi bukan berarti tak dapat diretas.

Para hacker bisa mengakses chat pribadi di akunmu dengan berbagai cara, misalnya melalui WhatsApp Web yang kelupaan di log out atau dengan mendaftarkan nomormu di perangkat lain.

Nah, untuk mengetahui akun Whatsapp kamu lagi dimata-matai, ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali, guys.  Berikut beberapa ciri-cirinya.

1. Aplikasi WhatsApp sering hang

Urbanreaders pernah mengalami aplikasi hang saat buka WhatsApp? Jika ya, kamu harus hati-hati karena ada kemungkinan kamu sedang disadap.

Aplikasi yang berjalan lebih lambat dari sebelumnya bisa menandakan whatsapp kamu sedang dibuka di tempat lain, sehingga pemakaian RAM berlebihan.

2. Ada notifikasi meski tidak ada pesan

Kamu perlu waspada jika ponselmu mengeluarkan notifikasi WhatsApp tanpa alasan, guys. Apalagi saat dibuka, ada pesan yang sudah terbaca padahal kamu belum melihatnya.

Hal ini bisa menjadi tanda akun Whatsapp kamu sedang dibuka diam-diam dan aksesnya dibuka oleh orang lain.

3. Ponsel cepat panas

Umumnya ponsel akan panas saat dipakai secara terus menerus. Namun kamu harus berhati-hati jika smartphone panas meski tidak melakukan banyak aktivitas.

Ponsel yang panas menandakan ada aplikasi spy yang dijalankan tanpa kamu ketahui.  Aplikasi ini mungkin dioperasikan sekelompok hacker yang mengontrol Whatsapp kamu dari jarak jauh.

Nah agar aman, kamu bisa menghapus semua aplikasi tidak dikenal dengan melakukan format ulang ponselmu, guys.

4. Baterai cepat habis

Aplikasi mata-mata tersebut juga bisa mengakibatkan baterai ponsel tersedot dan cepat habis.

Jika kamu nggak melakukan banyak aktivitas online tapi baterai cepat habis, kamu perlu curiga karena bisa jadi kamu terkena spyware yang berasal dari aplikasi yang diinstal dari sumber yang tidak jelas. Aplikasi ini bisa meretas berbagai akun media sosial, termasuk WhatsaApp.

Jika Urbanreaders mengalami 4 tanda di atas, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Aktifkan verifikasi dua langkah

Aktifkan fitur two step verification atau verifikasi dua langkah sebagai pencegahan. Kamu juga bisa mengaktifkan WhatsApp lock yang bisa diunduh di Playstore.

2. Nonaktifkan Whatsapp web

Pastikan selalu log out dari whatsapp web setelah selesai untuk memutus koneksi. Kamu bisa memeriksa status perangkat yang terakhir kali aktif melalui ponselmu.

3. Aktifkan keamanan biometrik di aplikasi WhatsApp

WhatsApp kini sudah memiliki fitur baru berupa keamanan penguncian biometrik di Android dan iPhone. 

Fitur ini memungkinkan pengguna mengaktifkan keamanan sidik jari atau face recognition untuk membuka aplikasi WhatsaApp. Jadi, nggak sembarang orang bisa mengakses akun WhatsaApp kamu, guys.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait