Jakarta - Di era digital dan media sosial seperti sekarang ini, beragam hal bisa dilakukan secara online, mulai dari bekerja hingga berkencan. Berbagai situs perkencanan pun marak berkembang dan sangat diminati.

Teknologi telah memudahkan kita menemukan calon pacar melalui berbagai platform yang tersedia. Namun, seperti dua sisi mata uang, teknologi juga memiliki kelemahan.

Misalnya hubungan yang dijalin melalui media, akan mengurangi nilai rasa kemanusiaan dan sensitivitas perasaan. Kamu bakal dinilai hanya dari tampilan foto atau deskripsi bio, tanpa mengenal kepribadianmu lebih dalam.

Tapi, risiko ini bukannya nggak bisa disiasati, kok. Setidaknya, kita bisa tetap berusaha senatural mungkin untuk menemukan pasangan, meski melalui teknologi. Salah satu caranya, ikuti beberapa tips dalam berkencan secara online berikut ini, guys.

No Tipu-tipu

1606559737-kencan-online2.jpgSumber: Freepik

Biar kamu bisa mendapatkan seseorang yang menyukaimu apa adanya, maka tampilkanlah dirimu apa adanya. Mulai dari foto profil hingga cara kamu mempresentasikan diri. Janganlah ‘menipu’ calon pasangan dengan ‘filter kamera jahat’, foto puluhan tahun lalu, apalagi foto orang lain.

Mulailah hubungan dengan kejujuran, agar kamu juga bisa menyortir orang yang benar-benar cocok dengan kepribadianmu.

Bersikap Sopan

1606559805-kencan-online3.jpgSumber: Freepik

Meski kencanmu dilakukan secara online, anggaplah kamu bertemu langsung dengan gebetan. Karena itu, jaga sikap dengan baik agar kamu tetap dapat membuat kesan yang positif. Sikap yang sopan, santun, dan menghargai orang lain, selalu menjadi nilai plus dalam diri seseorang.

Kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana seperti tidak memotong atau mendominasi pembicaraan, berpenampilan pantas, dan nggak bikin orang lain menunggu lama. Selain itu, jangan lupa untuk menunjukkan ekspresi wajah yang ramah, bersemangat, dan hiasi wajah kamu dengan senyuman.

Step by Step

1606559814-kencan-online4.jpgSumber: Freepik

Saat kamu sudah secara intensif berkomunikasi dengan gebetan secara online, jalin hubungan secara step by step. Pertama, jadilah teman yang menyenangkan. Jaga hubungan agar tetap kasual dan ringan. Sesudah itu, bangun hubungan menjadi satu tingkat lebih dekat.

Diskusikan hal-hal yang serius seputar rencana masa depan, mimpi-mimpi yang ingin diraih, atau ambisi dalam berkarier. Setelah kamu merasa cocok dan sejalan dalam hal masa depan, kamu bisa meningkatkan lagi intensitas hubunganmu dengan melakukan hal-hal yang lebih romantis.

Misalnya, memberi perhatian lebih, menunjukkan rasa sayang, dan sebagainya. Lalu, kamu bisa lihat apakah dia juga memiliki perasaan yang sama.

Sabar dengan Proses

1606559821-kencan-online5.jpgSumber: Freepik

Namanya berkencan secara online, pastinya nggak akan seintens kalau bertemu langsung. Proses untuk menemukan chemistry, mencari topik obrolan yang nyambung, hingga memutuskan untuk kopi darat, mungkin bakal butuh waktu yang cukup lama.

Di sela-sela waktu ini, ada juga kemungkinan bahwa gebetan juga mencoba berkencan online dengan orang lain. Kamu mesti menyadari bahwa proses ini nggak mudah dan butuh kesabaran.

Nggak menutup kemungkinan, proses yang lama inipun, nggak juga berujung dengan kopi darat, apalagi jadian. Karena itu, kamu perlu menyiapkan diri menghadapi segala kemungkinan dan tidak mudah putus asa seandainya usahamu ternyata nggak berhasil.

Komentar
paper plane