beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

4 Tips Tingkatkan Produktivitas dengan Coffee Nap

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Tingkatkan Produktivitas dengan Coffee Nap
Image: Ilustrasi Tidur Siang 'Coffee Nap' (pexels.com)

Jakarta - Urbanreaders pernah dengar nggak, kalau minum kopi ternyata bisa membantu meningkatkan produktivitas, loh. Metode ini biasa disebut dengan coffee nap, apa sih artinya?

Melansir Greatist, coffee nap adalah metode meminum kopi sebelum tidur siang sejenak untuk meningkatkan energi dan merasa lebih segar sebelum kembali beraktivitas. Hal ini bisa terjadi karena keseimbangan kandungan yang ada di dalam kopi memberi stimulus pada otak saat tidur.

Menurut studi yang dilakukan oleh Joaquin A Ribero dan Ana M Sebastiao, kafein yang terkandung dalam kopi bisa memengaruhi rasa lelah dan kantuk. Jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup, ia bisa mengurangi kantuk dan membuatmu tetap terjaga saat beraktivitas.

Oleh karena itu, coffee nap adalah metode yang efektif daripada hanya minum kopi atau tidur saja. Nah, untuk tips melakukan coffee nap sudah Urbanasia rangkum dan bisa kamu simak berikut ini.

1. Jangan Lakukan Terlalu Sore

1616575516-ngopi-Freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi minum kopi. (Freepik/cookie_studio)

Tips utama untuk mempraktekkan metode coffee nap ini adalah hindari melakukannya di sore atau bahkan malam hari.

Efektifnya dilakukan pada saat siang hari atau paling lambat 6 jam sebelum memasuki waktu tidur malam. Sebab, jika dilakukan terlalu malam, kafein yang terkandung dalam kopi malah akan membuatmu susah tidur.

2. Segera Tidur Setelah Minum Kopi 

1649323026-Foto-cover-tidur-(Freepikjcomp).jpegSumber: Ilustrasi tidur (Freepik/jcomp)

Efek kafein yang diberikan oleh kopi tidak akan langsung dirasakan, melainkan 30 menit setelah diminum. Jadi usahakan untuk segera tidur sebelum kafein itu mulai bekerja untuk mengurangi rasa kantuk. Sebab, jika kafein terlanjur memberikan efek, kamu akan jadi sulit tidur dan coffee nap tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait