beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Seleb TikTok Asal Australia Ini Percaya Minum Kopi Bisa Perpanjang Umur

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Seleb TikTok Asal Australia Ini Percaya Minum Kopi Bisa Perpanjang Umur
Image: Ilustrasi kopi. (Freepik/rawpixel.com)

Jakarta - Ada kabar bahagia untuk para pecinta kopi loh Urbanreaders. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang diberikan saat menyeruput kopi.

Selebriti TikTok yang juga merupakan ilmuwan terkenal Australia, Dr Karl Kruszelnicki dalam unggahannya di TikTok mengatakan kopi memiliki banyak manfaat dan bahkan dapat meningkatkan harapan hidup.

"Melalui studi observasional, ternyata kopi akan meningkatkan harapan hidup Anda," kata pria 73 tahun, dikutip DailyMail, Selasa (5/7/2022).

"Ini juga akan membantu Anda jika Anda menderita kanker prostat dan/atau kanker mulut dan kulit - jadi katakan 'mungkin' pada obat legal paling populer di dunia," lanjutnya.

Dalam komentarnya, Karl juga mengatakan siapapun bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah kecil hingga sedang dengan berapapun frekuensinya.

Sebelumnya, Karl telah membahas lebih detail tentang manfaat meminum beberapa espresso sehari.

Dalam sebuah artikel untuk ABC, Karl mengatakan bahan kimia, kahweol, dan cafestrol, yang ditemukan dalam kopi dapat membantu kondisi medis dan memiliki perlindungan kanker dan sifat anti-inflamasi.

Dia juga mengutip meta-studi dari 28 studi yang melibatkan lebih dari 1 juta orang dewasa yang menunjukkan orang yang minum tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe II daripada mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsinya.

"Selanjutnya, jika mereka minum enam cangkir atau lebih setiap hari, risikonya diturunkan lagi," tulisnya.

Meta-studi lain dari 13 penelitian dengan lebih dari 530 ribu pria menyimpulkan untuk setiap tambahan dua cangkir kopi yang diminum sehari, dengan demikian risiko kanker prostat turun 2,5 persen.

Mereka yang mengonsumsi kopi paling banyak memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker prostat daripada mereka yang minum lebih sedikit.

Lebih banyak meta-studi menunjukkan bahwa minum tiga sampai lima cangkir sehari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan kanker mulut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait