Hot News

Jakarta - Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di sepanjang saluran kencing. Meski bisa menyerang cowok juga, infeksi saluran kencing nyatanya lebih sering diderita oleh para cewek.

Pada tahap yang serius dan membuat kamu merasakan sakit yang tak tertahankan, dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksinya. Namun, sebelum kamu meminum antibiotik, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa asupan alami berikut ini.

1. Air Putih

1596676887-kurang-minum.jpgSumber: Air putih (Freepik)

Minumlah air putih sebanyak-banyaknya, untuk membantu tubuh kamu mengeluarkan bakteri melalui urin. Kebutuhan normal asupan air putih per hari biasanya antara 8 hingga 10 kelas. Dalam kondisi terkena infeksi, cobalah untuk mengonsumsi air putih sebanyak mungkin yang kamu bisa.

Selama infeksi belum mereda, hindari dulu minuman seperti kopi, teh, soda, minuman beralkohol, serta minuman dengan kandungan gula tinggi. Jenis-jenis minuman ini bakal memperparah kondisi infeksi kamu.

Perlu diperhatikan, buat kamu yang memiliki gangguan ginjal, kamu perlu mengikuti saran dokter terkait jumlah maksimal air putih yang bisa kamu konsumsi setiap harinya.

2. Asparagus

1596681244-asparagus.jpgSumber: Asparagus (Freepik)

Ternyata, kandungan dalam asparagus memiliki fungsi antibakteri yang dapat meredakan infeksi yang kamu derita. Selain itu, asparagus juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri yang membuat infeksi di saluran kencing.

3. Buah Beri, Apel, dan Persik

1596681274-buah-persik.jpgSumber: Buah persik (Freepik)

Kandungan gula alami dalam buah-buahan ini dapat membantu memunculkan bakteri baik dalam tubuh yang akan menyerang bakteri jahat penyebab infeksi. Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung vitamin yang akan menguatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

4. Jus Cranberry

1596681307-jus-cranbery.jpgSumber: Jus cranberry (Freepik)

Cranberry adalah salah satu obat alami yang sering dipakai untuk bantu mengatasi masalah buang air kecil, termasuk infeksi saluran kencing. Kandungan antioksidan fitronutrien di dalamnya, dipercaya dapat mencegah bakteri E.coli menginfeksi lapisan kandung kemih. Kamu bisa mengonsumsi jus cranberry dalam kemasan, namun sebaiknya pilih yang tidak mengandung gula.

5. Essential Oil

1596681357-esensial-oil.jpgSumber: Essential oil (Freepik)

Essential oil memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh dan sudah lama dipercaya untuk mengatasi berbagai gejala penyakit. Kamu bisa menggunakan minyak oregano atau minyak lavender, yang ampuh untuk membunuh bakteri, jamur, dan sumber infeksi lain. Gunakan essential oil sebagai aromatherapy dengan diffuser atau membakarnya di tungku berisi air, lalu hiruplah uapnya.

Jika kamu sudah melakukan beberapa cara tersebut namun infeksi belum mereda, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional ya, guys?


Loading ..