menu
user
URstyle

5 Cara Alami Atasi Kapalan di Kaki

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Alami Atasi Kapalan di Kaki
Image: Ilustrasi kaki kapalan (Freepik/natali-ploskaya)

Jakarta - Kapalan atau mengerasnya salah satu bagian dari kaki atau persendian, sering muncul akibat adanya tekanan terus menerus pada bagian tersebut. Kapalan dapat muncul akibat penggunaan sepatu atau alas kaki, maupun kebiasaan duduk atau menyandar yang memberi tekanan pada persedian seperti siku, lutut, dan bagian tertentu dari kaki dan tangan.

Meski bukan hal yang serius dan berbahaya, kapalan bisa membuat rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan krim khusus yang bisa dibeli di apotek atau toko obat. Tapi, kalau kamu ingin mencoba pengobatan dengan bahan-bahan alami di rumah, kamu bisa coba beberapa cara berikut ini, seperti dilansir dari The Healthy.

1. Lemon

1609244090-lemon-(1).jpg

Sumber:Ilustrasi lemon (Freepik)

Kandungan asam dari lemon dapat membantu mengatasi kapalan. Caranya, ambil seiris lemon dan tempelkan pada bagian yang kapalan.

Agar tetap menempel dengan kuat, kamu bisa menggunakan kaos kaki atau perban untuk membalutnya. Biarkan semalaman. Bagian yang kapalan akan terkelupas sedikit demi sedikit. Ulangi prosesnya sampai seluruh bagian yang kapalan terkelupas habis.

2. Bawang Putih

1599748633-fobia-bawang.jpg

Sumber: Ilustrasi bawang putih. (Freepik)

Bawang putih dikenal untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk kapalan. Kandungan antioksidan dan antibakterinya dapat membantu melawan bakteri dan jamur pada kapalan.

Caranya, ambil beberapa siung bawang putih lalu tumbuk halus. Oleskan pada bagian yang kapalan dan biarkan semalaman. Basuh dengan air hangat keesokan harinya. Ulangi prosesnya hingga kapalan sembuh.

3. Vitamin E

1615518703-vitamin-e---freepik-julijadm.jpg

Sumber: Ilustrasi vitamin E (Freepik/jilijadm)

Vitamin E adalah nutrisi yang baik untuk memperbaiki kondisi kulit. Gunakan vitamin E yang berbentuk minyak agar dapat diaplikasikan dengan mudah.

Caranya cukup mudah, oleskan minyak vitamin E pada bagian yang bermasalah lalu biarkan semalaman. Bagian kapalan akan berangsur-angsur melunak dan mengelupas.

4. Baking Soda

1614308456-Baking-soda.jpg

Sumber: Ilustrasi baking soda. (Foto: pixabay/ Kaboompics)

Baking soda adalah salah satu bahan alami rumahan yang memiliki banyak fungsi untuk kulit. Baking soda dapat berfungsi sebagai scrub alami yang akan membantu pengelupasan kulit yang mengalami kapalan.

Caranya, rendam kaki atau bagian yang kapalan dalam air hangat bercampur baking soda selama 15 menit. Setelahnya, gosok bagian yang kapalan dengan batu apung. Ulangi prosesnya hingga kapalan bersih sempurna.

5.  Jarak

1615518761-minyak-jarak---freepik.jpg

Sumber: Ilustrasi minyak jarak (Freepik/Freepik)

Minyak jarak atau castor oil dapat membantu mengatasi kulit yang bermasalah seperti kapalan. Campurkan minyak jarak dalam air hangat dan sabun cair, lalu rendam area yang mengalami kapalan selama 15 menit. Sesudahnya, gosok perlahan dengan batu apung hingga kulitmu halus kembali. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait