menu
user
URguide

Matamu Terasa Lelah? Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasinya!

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Matamu Terasa Lelah? Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasinya!
Image: ilustrasi mata lelah. (pixabay/ Andrea Piacquadio)

Jakarta - Banyak menghabiskan waktu selama berjam-jam di depan komputer, gadget ataupun kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi bisa menyebabkan mata lelah.

Mata lelah biasanya berkaitan dengan masalah ketegangan mata. Kondisi ini seringkali membuat mata menjadi lelah, berair, atau pandangan menjadi kabur.

Mata lelah juga bisa menimbulkan gejala sakit kepala, leher, bahu tegang, dan lebih sensitif dengan cahaya, sampai sulit membuka mata.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur sebagai obatnya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah lima bahan alami yang bisa kamu jadikan alternatif pengobatan.

1. Kantong teh

1614599871-Ilustrasi-green-tea.jpgSumber: Ilustrasi green tea. (Freepik)

Kantong teh mengandung tannin yang sangat baik untuk mengatasi mata bengkak karena kelelahan.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu merendam dua buah kantong teh di air hangat sebelum kamu dinginkan di lemari es. Setelah cukup dingin, letakkan kantong teh pada kedua mata selama kurang lebih lima menit.

Ini akan membantu mengurangi lelah dan bengkak pada mata juga membantu mata terlihat lebih cerah.

2. Kentang

1614601477-potato-sack-isolated-white-1150-6160.jpg-kentang-freepik-by-jcomp.jpgSumber: ilustrasi kentang. (freepik/ jcomp)

Kandungan enzim catecholase yang ada pada kentang dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah. Kentang juga di percaya dapat mengurangi bengkak atau kantung pada mata.

Caranya adalah dengan memotong kentang, kemudian rendam dalam air dingin. Gunakan potongan kentang tersebut di kedua mata selama lima menit atau lebih.

3. Stroberi

1614601535-pexels-photo-4038780.jpeg-stroberi-by-Karolina-Grabowska-pixabay.jpegSumber: ilustrasi stroberi. (pixabay/Karolina Grabowska)

Buah stroberi mengandug alpha hydroxy yang diyakini dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan awet muda. Kamu juga bisa mengaplikasikan irisan stroberi untuk mengatasi mata lelah

Caranya hanya tinggal siapkan irisan stroberi yang sebelumnya sudah di dinginkan terlebih dahulu, lalu kompreskan irisan stoberi tersebut di area mata lelah, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian basuh dengan menggunakan air dingin.

4. Tomat dan Perasan Air Lemon

1614602987-ilustrasi-tomat.jpegSumber: Ilustrasi tomat. (pixabay/Dmitry Demidov)

Tomat dan lemon di kenal sengan manfaatnya yang mencerahkan kulit, termasuk mengurangi lingkaran gelap yang ada pada kantong mata.

Cara mengaplikasikannya mudah, campurkan satu sendok teh tomat yang sebelumnya sudah di haluskan dan satu sendok teh air perasan lemon, lalu usapkan di area kelopak mata bagian bawah. Biarkan hingga mengering selama 10 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

5. Susu dan Madu

1614603264-Ilustrasi-susu-madu.jpgSumber: Ilustrasi susu dan madu. (freepik/ master1305)

Madu bermanfaat untuk menghidrasi kulit secara alami, sehingga kelembapan kulit akan tetap terjaga. Madu juga dikenal mampu meregenerasi kulit termasuk di area mata, dengan menggunakan campuran madu dan susu mata akan kembali terlihat cerah.

Caranya, campurkan satu sendok teh susu dan madu, lalu oleskan di area bawah mata dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.

Setelah itu, bersihkan dengan air mengalir lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuk perlahan area kantong mata menggunakan handuk.

Nah Urbanreaders kamu bisa memanfaatkan kelima bahan di atas untuk mengatasi mata lelah. Mudah, sederhana dan murah bukan? Yuk coba sendiri manfaatnya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait