Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Cara Cegah Stroke yang Wajib Diketahui

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Cegah Stroke yang Wajib Diketahui
Image: Ilustrasi stroke otak. (Freepik/pch.vector)

Jakarta - Stroke otak merupakan sebuah kondisi yang memberikan pengaruh terhadap otak dan salah satu penyebab utama dalam menimbulkan kecacatan. Bahkan, pada 10 tahun terakhir, stroke ini mulai menyerang kalangan usia muda. Berikut ini, 5 cara mencegah stroke yang wajib diketahui.

Adanya peningkatan dalam kasus stroke yang mencapai 100 persen dalam kurun waktu 1996-2019. Stroke otak ini biasanya diawali dengan rasa lemas maupun mati rasa yang terjadi secara tiba-tiba dalam satu sisi tubuh serta mengalami kesulitan dalam melihat, berbicara, bahkan sampai kehilangan koordinasi pada tubuh. 

Stroke juga bisa terjadi dikarenakan suplai darah ke otak ini terbatas. Selain itu pecahnya pembuluh darah yang bisa menyebabkan kematian pada sel-sel otak. Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi untuk mencegah stroke dari berbagai sumber, sebagai berikut.

1. Obatilah Hipertensi

1622961767-Hipertensi.jpgSumber: Hipertensi/Freepik by Pressfoto

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan stroke adalah hipertensi. Tekanan darah tinggi mengakibatkan rusaknya pembuluh darah, terjadi penyempitan, bocor ataupun pecah. Maka, perlu memantau tekanan darah tinggi dengan teratur hal itu diperlukan dalam mencegah stroke otak. 

2. Mengelola Diabetes 

1594993321-komplikasi-diabetes.jpgSumber: Ilustrasi diabetes. (freepik)

Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan rusaknya pembuluh darah dalam kurun waktu yang lama. Hal tersebut, dapat membuat pembentukan gumpalan, yang akan meningkatkan kemungkinan terjadinya stroke.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait