Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Cara Hindari Mantan yang Suka Stalking

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Hindari Mantan yang Suka Stalking
Image: Ilustrasi zodiak suka stalking. (Freepik)

Jakarta - Saat kita berpisah dengan kekasih, ada kalanya dia keberatan dengan keputusan untuk mengakhiri hubungan. 

Biasanya mantan akan melakukan segala cara agar kita kembali ke dekapannya. Meski sudah memblokir akun media sosial dia, terkadang dia akan membuat akun baru untuk stalking media sosial kita.

Dalam banyak kasus, mantan yang masih cinta akan membuntuti ke mana kita pergi. Bahkan mantan juga akan menghampiri pasangan kita loh, Urbanreaders.

Nah, untuk menghindari mantan yang kerap kali stalking, berikut Urbanasia telah merangkum tips-tips menghindari sang mantan yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (13/9/2021).

1. Tegaskan Jika Hubungan Sudah Berakhir

1616552723-alasan-mutusin-pacar---freepik-ollyy.jpgSumber: Ilustrasi putus dengan pacar (Freepik/ollyy)

Jelaskan bahwa hubungan kalian telah berakhir. Jika kamu berurusan dengan mantan yang kedapatan masih suka stalking, kamu harus menegaskan bahwa hubungan itu benar-benar berakhir. Bersikap baik, tapi tegas. 

Cobalah kalimat ini untuk meyakinkan mantan kamu, jika hubungan kalian sudah berakhir. "Hai, kita sudah tahu bukan jika hubungan kita berakhir 2 tahun lalu. Kita harus melanjutkan kehidupan masing-masing."

2. Jaga Jarak

1584100540-sesudah-putus.jpgSumber: Ilustrasi putus cinta. (Freepik)

Jauhi mantan. Menghindari kontak fisik bisa menjadi cara yang efektif untuk menghadapi mantan yang obsesif. Jika dia tidak memiliki kesempatan untuk melihatmu, obsesinya mudah-mudahan akan berakhir. 

Ini mungkin berarti kamu harus mengubah pola perilaku atau tempat yang sering kamu kunjungi. Bisa jadi, dia secara diam-diam akan pergi ke tempat favoritmu dengan berharap bisa bertemu denganmu.

3. Jangan Ditanggapi

1592381905-putus-nggak-drama.jpgSumber: Ilustrasi putus dengan pacar. (freepik)

Meskipun kita kesal dengan tindakannya yang terus stalking, tapi jangan pernah menanggapi tindakan stalker. Feedback dalam bentuk apapun, entah positif atau negatif, bisa membuat tindakannya makin menjadi-jadi.

4. Hubungi Polisi

ilustrasi-polisi (1).jpgSumber: Ilustrasi polisi. (ntmcpolri)

Meskipun cara ini dirasa terlalu berat, tapi ini bisa menjadi perlindunganmu apabila ada ancaman dari mantan. 

Sekalipun polisi tampaknya tidak menganggap situasinya sebagai masalah, tetaplah gigih untuk memberi tahu mereka tentang perilaku mantan yang selalu membuntutimu. Jelaskan keseriusan situasi, dan lihat laporan sebelumnya. 

5. Ceritakan kepada Orang Lain

1608170413-curhat-sama-teman.jpgSumber: Ilustrasi curhat. (Freepik)

Memberi tahu orang lain tentang situasi tersebut akan membantu melindungi dirimu. Kamu mungkin merasa malu atau takut untuk memberi tahu orang lain tentang mantan yang menguntit dan terus-terusan stalking.

Tetapi teman, keluarga, dan organisasi masyarakat yang mendukung akan mengerti. Mereka juga dapat membantu kamu memperhatikan tanda-tanda bahwa mantan kamu mencoba menghubungimu lagi.

Nah, itu tadi lima tips yang akan membantumu keluar dari masalah percintaan ya, guys. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait