beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Cara Menetapkan Goals Demi Kemajuan Karier

Kintan Lestari,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Menetapkan Goals Demi Kemajuan Karier
Image: Ilustrasi menetapkan tujuan. (Pexels/Markus Winkler)

Jakarta - Punya goal atau tujuan akan memudahkan jalanmu mencapai sesuatu. Begitu juga di lingkungan karier. 

Menetapkan goal yang spesifik dan terukur dapat memberikan jalan untuk meningkatkan karier dan mencapai prestasi tertentu. Tapi masalahnya, bagaimana cara menetapkan goal tersebut?

Goal kamu dengan orang lain mungkin berbeda. Tapi ada satu cara yang bisa kalian berdua lakukan untuk mencapai tujuan, yaitu menggunakan metode SMART. SMART merupakan singkatan dari Spesifik (Spesific), Terukur (Measurable), Dapat Dicapai (Achievable), Relevan (Relevant), dan Berbasis Waktu (Time-based).

Yuk, kita bahas satu per satu lima elemen dari metode SMART ini untuk membantu menetapkan tujuan demi kemajuan karier!

1. Tentukan Goal yang Spesifik

1655799170-ilustrasi-target.jpgSumber: Ilustrasi tetapkan target untuk mencapai tujuan. (Pexels/Skitterphoto)

Kamu harus menentukan tujuanmu secara spesifik, Guys. Misalnya kamu mau lancar Bahasa Inggris. Tapi itu masih cukup besar lingkup goal-nya. Maka kamu perlu kerucutkan lagi supaya lebih terarah. Misalnya jadi "Saya ingin lancar Bahasa Inggris supaya lancar presentasi ide di depan atasan". 

Dengan tujuan yang lebih spesifik, maka kamu akan lebih mudah mengarahkan proses belajar Bahasa Inggrismu, yakni bahasa Inggris untuk percakapan dalam lingkup kerja.

2. Ukur Tujuan Tersebut

1650959447-foto-3-motivasi.jpegSumber: Ilustrasi atur strategi mencapai tujuan (freepik/8photo)

Setelah menetapkan tujuan, ukur juga kemajuan yang dapat memandu kamu untuk mencapainya. Ini dapat membantu kamu memahami jenis tindakan apa yang berkontribusi pada kemajuanmu sendiri dan metode mana yang paling efektif. 

Mengukur kemajuan juga dapat mengungkapkan seberapa dekat dirimu dalam mencapai suatu tujuan. Ini mungkin mengingatkan kamu tentang hal yang sedang diupayakan untuk kamu capai dan jadinya memberimu motivasi untuk terus maju.

3. Pastikan Tujuanmu Bisa Dicapai

1647772681-Foto-3-dd.jpegSumber: Tentukan tujuan. (Freepik/mdjaff)

Dengan contoh nomor satu tadi, sudah pasti tujuanmu bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu. Dengan menetapkan durasi mencapai tujuan, kamu jadi akan termotivasi dan jadi tetap fokus. Jadi selain pastikan tujuanmu bisa dicapai, kamu juga harus menentukan jangka waktu untuk mencapai tujuan itu.

4. Pastikan Relevan

1655799159-goals-tujuan-2.jpgSumber: Ilustrasi menetapkan tujuan. (Freepik/rawpixel.com)

Ketika menentukan goal, pastikan juga tujuan tersebut tetap relevan dengan nilai-nilai yang kamu punya. Lalu tujuan tersebut juga harus punya kontribusi terhadap tujuan jangka panjangmu.

5. Tetapkan Jangka Waktu Tertentu

1635400477-ilustrasi-jam.jpgSumber: Ilustrasi waktu. (Pixabay/makabera)

Menetapkan jadwal untuk mencapai tujuan akan membantu kamu tetap termotivasi dan terus belajar sesuai jadwal yang kamu buat itu. Misalnya, tujuanmu berbicara lancar bahasa Prancis dalam 5 bulan. Umumnya dengan menentukan jangka waktu, maka kamu masih akan termotivasi mempelajari bahasa Prancis. 

Tapi kalau goal kamu tidak bisa dicapai dalam jangka waktu yang sudah kamu buat, maka kamu bisa memperpanjang jangka waktu kamu atau pertimbangkan kembali apakah tujuanmu dapat dicapai dan realistis.

Itu dia 5 cara menetapkan goals demi kemajuan kariermu. Menetapkan tujuan pribadi dan profesional akan membantu memberikan struktur dan jalan menuju kesuksesan. 

Banyak pemberi kerja menghargai kandidat yang memiliki catatan dalam menetapkan dan mencapai tujuan. Ini menunjukkan bahwa kamu seorang karyawan yang fokus dan berorientasi pada tujuan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait