menu
user

Jakarta - Tahun yang baru sudah semestinya kita jalani dengan cara baru pula. Cara yang baru ini adalah hasil dari pengalaman di masa lalu dan belajar dari kesalahan yang pernah kita buat. Begitu pula dalam menjalin hubungan, guys.

Tentunya saat ini kamu sudah lebih tahu apa yang kamu inginkan dari seorang pasangan, apa yang membuatmu bahagia, dan apa yang ingin kamu capai di masa depan.

Tapi, apakah kamu sudah menyiapkan strategi untuk mencapainya? Kalau belum, cobalah beberapa langkah berikut agar kehidupan percintaanmu makin mantap.

1. Berani Mengungkapkan Perasaan

1609810618-berani-mengungkapkan-perasaan.jpgSumber: Freepik

Terlalu banyak berpikir, ragu-ragu, dan menunggu gebetan membuat langkah duluan, bakal membuang banyak waktumu, guys. Karena itu, pupuklah keberanian dalam dirimu untuk mengungkapkan isi hatimu. Apa sih kemungkinan terburuk yang bisa kamu dapatkan? Paling banter ‘cuma’ ditolak, kan?

Setidaknya, kamu bisa tahu lebih cepat perasaan si dia, ketimbang kelamaan menunggu dalam ketidakpastian. Bener, nggak?

2. Tahu Batasan dalam Hubungan

1609810604-tahubatasan.jpgSumber: Freepik

Apapun jenis hubungan yang kamu miliki saat ini, apakah itu TTM-an, pacaran, atau bahkan sudah menikah, kamu mesti punya batasan dengan pasanganmu. Batasan dalam hubungan sangatlah penting untuk menjaga hubungan kalian tetap sehat.

Bangun kepercayaan pada pasangan dan perkuat komitmen di antara kalian. Batasan yang bisa kamu terapkan pada hubungan antara lain adalah privacy, me-time, waktu bersama sahabat, dan sejauh mana kalian bisa punya hubungan dengan lawan jenis.

3. Membuat Keputusan Sendiri

1609810571-membuat-keputusan.jpgSumber: Freepik

Kadang kala, kita berhubungan dengan seseorang karena ada tekanan dari lingkungan sekitar misalnya orang tua atau teman. Kalau itu juga yang terjadi padamu, tahun ini mesti diubah, guys. Buat keputusan berdasarkan keinginanmu sendiri.

Jangan biarkan pengaruh dari teman, kebiasaan umum, atau paksaan dari keluarga, menentukan dengan siapa dan kapan kamu mesti jadian, menikah, atau putus hubungan. Carilah kebahagiaanmu sendiri dan apa yang membuatmu merasa nyaman dalam menjalani hidup.

4. Mengutamakan Diri Sendiri

1609810578-mengutamakan-diri.jpgSumber: Freepik

Hubungan bisa bertahan dan seimbang jika kedua belah pihak bisa bersikap saling menghargai. Hal itu termasuk bagaimana kamu bisa menyuarakan pendapat, keinginan, dan harapanmu pada pasangan. Kamu mesti bisa memprioritaskan dirimu sendiri dan apa yang membuatmu bahagia.

Hal ini nggak berarti bahwa kamu bersikap egois, ya? Namun, jika hubungan yang kamu jalani terasa toxic dan tak lagi bisa membuatmu nyaman, kamu mesti berani keluar dari hubungan itu.

5. Berani Mengakui Kesalahan

1609810592-mengakui-kesalahan.jpgSumber: Freepik

Mengakui kesalahan dan minta maaf adalah hal yang sulit buat beberapa orang. Padahal, keberanian untuk mengaku diri salah adalah bentuk ketulusan hati dan sikap menghargai pasangan. So, buat kamu yang masih sering gengsi untuk minta maaf, tahun ini mesti dibuang jauh tuh kebiasaan seperti itu.

Menyatakan permintaan maaf nggak akan membuatmu jadi orang yang lemah, kok. Sebaliknya, kamu malah menunjukkan kedewasaan dan sikap bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu buat.

Nah, sudah siap untuk mewujudkannya, guys?

Komentar
paper plane