beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Cara Produktif Atasi Rasa Jealous di Tempat Kerja

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Produktif Atasi Rasa Jealous di Tempat Kerja
Image: Ilustrasi cemburu ke rekan kerja. (Freepik/doucefleur)

Jakarta - Jealous, siapa sih yang nggak pernah merasakan perasaan ini? Ke kakak, bestie, teman kantor, saudara, teman kuliah, teman main di rumah, bahkan sampai orang nggak dikenal yang kita temui di mall, kita pernah merasa iri ke mereka.

Perasaan ini mungkin tampak jelas salah satunya di dunia kerja. Penyebabnya pun beragam, mulai dari perbedaan gaji, beban kerja, promosi, sampai rasa iri karena ada yang lebih dekat dengan atasan.

Perasaan iri sebenarnya wajar. Tapi kalau berlebihan tentu tidak baik ya. Terus bagaimana cara mengatasi perasaan jealous ke rekan kerja? Berikut 5 cara produktif untuk mengatasi kecemburuan di tempat kerja

1. Jadikan Motivasi

Rasa iri bisa menjadi motivator yang mendorongmu untuk mencapai lebih banyak. Pelajari individu yang membuat kamu iri. Lihat apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka mencapai kesuksesan mereka, lalu tanyakan pada dirimu sendiri apa yang perlu dilakukan untuk naik ke level berikutnya. 

2. Lupakan

Yap, ini sebenarnya cara termudah meski praktiknya agak sulit ya. Tapi daripada kamu terus-menerus mengetahui pencapaian atau kesuksesan orang lain, lebih baik lupakan itu semua dan lanjutkan apa yang sedang kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan versi kamu sendiri.

3. Berhenti Membandingkan Diri

Apa yang kamu bisa capai dan yang tidak, itu tidak ada hubungannya dengan apa yang orang lain lakukan atau tidak lakukan. Jika kamu terus-menerus mengukur kebahagiaan atau kesuksesanmu dengan orang-orang di sekitar, kamu akan selalu kecewa. Jadi berhentilah melihat pencapaian orang lain dan fokuslah pada tujuan dan kesuksesanmu.

4. Ikut Rayakan Kesuksesan Temanmu

Menyoroti pencapaian rekan kerja malah akan menambah rasa cemburu kamu. Jadi alih-alih mencari tahu pencapaian temanmu, lebih baik kamu merayakan pencapaian temanmu saja. Mungkin awalnya sulit, tapi ingat, ketika makin banyak orang merayakan keberhasilan orang lain, maka akan semakin banyak energi positif yang terkumpul.

5. Rayakan Kesuksesan Dirimu

Ketika membandingkan diri dengan orang lain, kita hanya akan melihat kekurangan kita dan akhirnya muncullah perasaan iri. Tapi apa kamu lupa, meski mungkin sedikit, kamu sebenarnya tetap melangkah kedepan loh. Mungkin memang langkahmu belum sampai membuahkan penghargaan dari kantor, tapi intinya kamu tetap melangkah maju. Oleh sebab itu, jangan lupa merayakan juga keberhasilanmu sendiri.

Itu dia 5 cara produktif untuk mengatasi kecemburuan di tempat kerja. Kuncinya adalah fokus pada apa yang kamu lakukan. Semoga kamu dijauhkan dari perasaan jealous ya, Urbanreaders.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait