Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Doa untuk Kedua Orang Tua yang Wajib Anak Tahu!

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Doa untuk Kedua Orang Tua yang Wajib Anak Tahu!
Image: Ilustrasi anak dan orang tua (Freepik/katemangostar)

Jakarta - Sebagai anak tentu perlu untuk mendoakan kedua orang tua, baik yang masih hidup maupun sudah tiada.

Entah itu doa untuk kesehatannya, kebahagiaan mereka, doa saat orang tua sedang sakit, sampai doa untuk menolong orang tua di akhirat.

Kalau doa yang dipanjatkan tulus dan berisi hal baik, Tuhan sebagai sang Maha Kuasa pasti akan mengabulkannya.

Nah, berikut Urbanasia rangkum doa-doa untuk kedua orang tua yang wajib diketahui seorang anak. Apa saja?

1. Doa agar Kedua Orang Tua Sehat dan Panjang Umur

1618304539-doa-salat-dhuha.jpgSumber: Ilustrasi orang berdoa. (Freepik by bugphai)

Di saat kita semakin dewasa, orang tua juga makin bertambah usianya. Tentu kesehatan mereka mulai bermasalah.

Maka dari itu penting bagi anak untuk mendoakan agar orang tua sehat selalu. Berikut doa yang bisa dipanjatkan:

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

2. Doa Saat Orang Tua Sakit

1601454765-Ilustrasi-ornang-sakit-3.jpgSumber: Pixabay

Meski sudah meminta agar orang tua selalu sehat, namun kenyataannya bisa jadi tidak demikian. Orang tua tetap terbaring sakit.

Saat orang tua sakit hal pertama yang dilakukan adalah membawa mereka ke dokter. Tapi jangan lupa, ada hal penting juga yang perlu dilakukan saat itu, yakni mendoakan orang tua agar penyakitnya segera disembuhkan.

Berikut doa untuk meminta kesembuhan saat orang tua jatuh sakit:

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya:

"Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

3. Doa untuk Orang Tua Sakit Keras

1624528289-anak-sakit.jpgSumber: ilustrasi anak sakit. (Freepik/lifeforstock)

Sebagai anak tentu kita tak kuasa melihat orang tua yang dulu sehat dan bugar kini terbaring tak berdaya karena penyakit ganas.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, kalian bisa membacakan doa berikut ini ke orang tua yang tengah sakit keras:

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khiralli.

Artinya:

"Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya". 

4. Doa Minta Ampun untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

1631250886-doa-ortu-meninggal.jpgSumber: Ilustrasi orang berdoa. (Pexels/cottonbro)

Meskipun kedua orang tua meninggal, bukan berarti kita berhenti mendoakan mereka. Kita justru harus terus mendoakan untuk mereka. Sebab doa yang dipanjatkan anak akan menjadi penolong orang tua di akhirat.

Allah menyukai orang yang berbakti pada orang tuanya. Dan mendoakan orang tua yang sudah meninggal merupakan salah satu bentuk bakti kepada orang yang membesarkan kita. 

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa annta khairur raahimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya: 

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya upaya kecuali dengan pertolongan-Mu".

5. Doa Agar Orang Tua Masuk Surga

1631250904-doa-ortu.jpgSumber: Ilustrasi orang berdoa. (Pexels/RODNAE Productions)

Di akhirat tentu kita ingin orang tua di tempatkan di surga. Berikut doa kepada Allah agar orang tua yang sudah meninggal masuk surga:

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas. 

Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar. 

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. 

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait