Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Gerakan Senam Lantai Simpel, Cocok untuk Pemula

Kintan Lestari,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Gerakan Senam Lantai Simpel, Cocok untuk Pemula
Image: Gerakan senam lantai. (Freepik/user18526052)

Jakarta - Buat yang mau olahraga di rumah, kamu bisa coba olahraga senam lantai. Ada banyak gerakan senam lantai, kamu tinggal pilih yang bisa dilakukan di rumah. 

Olahraga ini mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh bila dilakukan. Adapun manfaat yang didapat dari senam lantai antara lain sebagai berikut:

  • Meningkatkan kekuatan otot, terutama otot paha, lengan, kaki, perut
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh
  • Membantu tubuh tetap bugar
  • Mencegah berbagai penyakit
  • Membakar lemak tubuh
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan kedisiplinan diri

Senam lantai adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan, keseimbangan, serta kelincahan tubuh. Maka dari itu, olahraga ini cukup menguras tenaga. 

Meski demikian peralatan untuk melakukan senam lantai nggak ribet, kamu cuma butuh matras kok guna menghindari terjadinya cedera. Namun sebagai pemula, tentu kamu nggak bisa melakukan gerakan yang sulit kan.

Maka dari itu, kamu bisa coba di rumah gerakan yang simpel. Berikut gerakan-gerakan senam lantai simpel yang bisa kamu coba di rumah:

1. Sikap Lilin

Untuk melakukan pose sikap lilin, kamu perlu berbaring telentang. Sambil berbaring, angkat kedua kaki kamu ke atas dengan posisi tegak lurus. Topang pinggang kamu saat menaikkan kaki ke atas. Dan usahakan punggung tetap menempel di matras.

2. Kayang/Bridge

Untuk pemula, mulai gerakan satu ini dengan berbaring. Tekuk kedua lututmu. Lalu tekuk siku dan bawa telapak tangan ke samping kepala. Selanjutnya tekan telapak kaki dan tangan sembari mengangkat pundak, pinggul, dan tubuh dari lantai. Tidak perlu terburu-buru menaikkan tubuhmu dari lantai ya. Kemudian posisikan bagian kepala mendekati matras.

3. Forward Roll 

Untuk melakukan gerakan forward roll, mula-mula ambil sikap berdiri tegak. Lalu berjongkok dengan tangan ke arah dan dibuka selebar bahu. Arahkan kepala mendekati lantai sambil memposisikan dagu ke dekat dada. Kemudian gulingkan tubuhmu ke depan.

4. Backward Roll

Gerakan satu ini sama dengan gerakan sebelumnya. Bedanya yaitu kamu melakukannya dengan arah sebaliknya. Mula-mula kamu berdiri tegak, lalu ambil posisi jongkok. Bawa bokong kamu ke lantai, kemudian ikuti dengan punggung, dan dorong tubuhmu ke belakang. Letakkan tangan di samping bahu untuk menopang tubuh kamu ketika berguling.

5. Pose Kupu-kupu

Untuk melakukan gerakan ini, mula-mula duduk dengan menyatukan posisikan kaki kanan dan kaki kiri seperti sayap kupu-kupu. Pegang ujung kaki tempat kaki kanan dan kiri bertemu. Pegang ujung kaki sembari meluruskan bagian tubuh ke depan.

Itu dia beberapa gerakan senam lantai untuk pemula yang bisa kamu lakukan di rumah, Urbanreaders. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait