Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Gunung di Indonesia yang Jarang Dijelajahi, Berani Coba?

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Gunung di Indonesia yang Jarang Dijelajahi, Berani Coba?
Image: Gunung Mekongga (Eiger)

Jakarta - Indonesia dikenal sebagai negara tropis dengan gugusan kepulauan terbesar di dunia yang dikelilingi 129 gunung api aktif, dan sebagian besar dijadikan pendakian untuk wisatawan.

Namun, ternyata ada sejumlah gunung di Indonesia yang sangat indah namun jarang sekali dijelajahi oleh para pendaki loh, Urbanreaders.

Nah, mengutip dari kegiatan ekspedisi 28 Gunung oleh Eiger, berikut lima gunung yang wajib kamu jelajahi yang jarang didaki oleh wisatawan.

1. Gunung Halau Halau

1635138234-halau-halau.jpegSumber: Gunung Halau Halau (Eiger)

Terletak di jajaran Pegunungan Meratus, Gunung Halau Halau, Kalimantan Selatan. Gunung ini wajib untuk kalian jelajahi ya, Urbanreaders.

Tak hanya menikmati keindahan di gunung yang hanya memiliki ketinggian 1.901 mdpl ini, nantinya kamu juga akan mendapati kegiatan masyarakat Dayak Kiyu. Ya, pasalnya hutan di gunung tersebut dijaga dan dilestarakan oleh masyarakat suku tersebut.

“Selamat Datang di Wilayah Hak Kelola Hutan Adat Desa Kiyu Putusan MK/35/PUU-X/2012, INI HUTAN ADAT KAMI, BUKAN HUTAN NEGARA.” tulis penanda bahwa hutan ini dirawat oleh masyarakat sekitar. 

Masyarakat Dayak Kiyu percaya bahwa hutan dan tanah adat mampu menghidupi keluarga mereka. Praktik berladang pun hanya boleh dilakukan di kawasan kelola saja dan tidak diperbolehkan menebang kayu di wilayah yang keramat, sebab diyakini jika hutan musnah adat pun akan hilang.

2. Gunung Rore Kautimbu

1635138261-rore-kautimbu-eiger.jpegSumber: Gunung Rore Kautimbu (Eiger)

Gunung Rore Kautimbu merupakan salah satu gunung yang sering dikunjungi oleh pendaki lokal di Kota Palu namun masih awam di telinga banyak masyarakat Indonesia. 

Karena Gunung Rore Kautimbu memiliki curah hujan yang cukup tinggi dan cepat berubah, kamu perlu membawa jas hujan jika ingin melakukan perjalanan ke gunung ini. Dalam perjalanan, jika beruntung kamu bisa menemukan lokasi habitat Tarsius, merupakan primate endemik yang hidup disekitar kawasan Sulawesi dan sangat dilindungi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait