beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Hal yang Seharusnya Tidak Ditolerir dalam Hubungan Asmara

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hal yang Seharusnya Tidak Ditolerir dalam Hubungan Asmara
Image: Ilustrasi toxic relationship (Freepik/Freepik)

Jakarta - Urbanreaders mungkin pernah mendengar pepatah 'cinta itu buta'. Terkadang apa yang dikatakan pepatah itu memang benar adanya. Terbukti dengan masih banyaknya orang yang sulit melihat atau bahkan menyangkal tanda-tanda bahwa sebenarnya mereka tengah berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Tentu tidak ada pasangan yang sempurna, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan begitu saja sikap pasangan seperti apa yang harus dihindari demi mewujudkan hubungan yang harmonis dan tidak toxic.

Perilaku pasangan yang abusive secara fisik, emosional, psikologis, hingga seksual adalah sesuatu yang harus kamu hindari untuk menjaga kesehatan mentalmu. Jika kamu masih belum memahami apa saja bentuknya, Urbanasia sudah merangkumnya untukmu.

Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya tidak kamu toleransi saat menjalin hubungan dengan pasangan.

1. Pasanganmu Banyak Ngatur

1642673001-ilustrasi-toxic-relationship.jpegSumber: Ilustrasi toxic relationship (Freepik/Freepik)

Banyak kasus pasangan mencoba untuk mengendalikan apa saja yang ingin kamu lakukan. Mereka berharap kamu bisa sejalan dengan prinsip yang mereka pegang teguh selama ini. Padahal perilaku seperti ini tidak baik dan jika diteruskan akan menjadi toxic untuk kelanjutan hubungan.

Tentu saja kehidupan kalian dengan pasangan akan saling terkait, namun harus masih dalam batas tertentu. Tidak wajar rasanya jika sampai ikut campur urusan pribadi satu sama lain. Jika kamu merasa pacarmu mulai menunjukkan gelagat seperti ini, sebaiknya segera ambil langkah untuk mengkomunikasikannya.

2. Pacarmu Suka Gaslighting

1642673008-Foto-1-(1).jpegSumber: Ilustrasi toxic relationship (Freepik/Freepik)

Gaslighting adalah cara yang digunakan untuk mengontrol seseorang secara emosional. Biasanya mereka akan melakukannya dengan memanipulasi perasaanmu. Sehingga ketika kamu memberitahu mereka ada yang salah dengan sikapnya, mereka justru akan membuat kamu merasa seolah-olah ada yang salah denganmu.

Gaslighting semacam ini akan membuatmu jadi tidak nyaman dan selalu meragukan diri sendiri, padahal bisa jadi mereka sedang memanipulasi emosi yang kamu rasakan. Sebenarnya hal ini bisa diatasi, tapi sikap pasangan seperti ini bisa jadi alasan yang cukup untuk menyudahi hubungan di antara kalian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait