Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Kesalahan Pakai Bedak yang Sering Dilakukan

Kintan Lestari,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kesalahan Pakai Bedak yang Sering Dilakukan
Image: Ilustrasi bedak. (Freepik/devmaryna)

Jakarta - Bedak merupakan produk makeup yang sehari-hari dipakai. Fungsinya untuk menutupi kekurangan di kulit, penyempurna riasan, sampai menyerap minyak berlebih.

Apalagi bedak juga hadir dalam kemasan compact sehingga mudah dibawa kemana-mana dan memudahkan untuk touch-up.

Meski kelihatannya memakai bedak sederhana, tinggal sapukan bedak ke wajah, nyatanya banyak loh yang salah dalam mengaplikasikan bedak di wajah.

Kesalahan apa saja tuh yang sering dilakukan saat pakai bedak? Berikut jawabannya!

1. Disapukan ke Seluruh Wajah

1641529351-bedak-freepik-2.jpgSumber: Ilustrasi pakai bedak. (Freepik/gpointstudio)

Gimana cara kamu pakai bedak? Disapukan ke seluruh wajah nggak? Nah, cara itu ternyata salah ya, guys. Kamu tidak perlu menyapukan bedak ke seluruh bagian wajah. Cukup ke area wajah yang berminyak saja seperti area T-zone, dagu, atau kelopak mata.

2. Pakai Kebanyakan

1634030210-bedak-wajah.pngSumber: Ilustrasi bedak wajah. (Unsplash/Gabrielle Henderson)

Salah satu fungsi bedak adalah untuk menutupi kekurangan di wajah. Nah, karena itu banyak yang akhirnya mengaplikasikan bedak berkali-kali untuk menutupi kekurangannya. Padahal bedak yang terlalu tebal bikin riasan jadi cakey. So, pakai satu lapis saja ya mulai sekarang. 

Misalnya kamu terlanjur pakai bedak kebanyakan atau berlapis-lapis, semprotkan saja setting spray sehingga hasilnya riasan jadi dewy. Kalau kamu nggak punya setting spray, kamu tinggal hapus sedikit bedak dengan brush bersih atau pakai beauty blender yang sudah dibasahi untuk menghilangkan kelebihan bedak.

3. Menggunakan Jenis Bedak yang Salah

1637419691-two-way-cake.jpgSumber: Ilustrasi bedak two way cake. (Freepik)

Bedak hadir dalam beberapa jenis, seperti loose powder, two way cake powder, dan compact powder. Dan semuanya itu punya fungsi masing-masing. Buat yang kulitnya berminyak, loose powder jadi pilihan tepat untukmu. Sementara untuk yang ingin coverage maksimal, two way cake jawabannya. So, perhatikan juga jenis kulitmu ya. 

4. Salah Pilih Shade

1641529364-makeup-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi produk makeup. (Pexels/Pixabay)

Kamu sudah benar nih menggunakan jenis bedaknya, tapi kamu berbuat kesalahan lain nih, yaitu salah pilih shade. Kebanyakan saat membeli bedak kita berpikir hanya perlu mencocokkan dengan skintone kulit.

Cara tersebut cocok untuk yang kulitnya kering, normal, atau kombinasi, tapi nggak cocok untuk pemilik kulit berminyak. Buat yang punya oily skin, pilih shade yang lebih terang sedikit dari skintone. Soalnya saat bedak terkena minyak akan terjadi oksidasi yang bikin warna bedak jadi lebih gelap.

5. Dipakai Terakhir untuk Set Makeup

1637419685-pakai-bedak.jpgSumber: Ilustrasi wanita pakai bedak. (Freepik/lookstudio)

Bedak sering digunakan terakhir untuk mengeset makeup supaya riasan awet. Tapi itu bukan cara terbaik. Cara terbaik untuk membuat riasan awet sepanjang hari adalah dengan mengaplikasikan translucent powder di setiap lapisan riasan. 

Jadi begitu selesai pakai foundation, kamu aplikasikan translucent powder. Lalu lanjutkan pakai concealer, dan kembali sapukan translucent powder. Dengan demikian riasan wajah kamu akan bertahan lebih lama.

Itu dia 5 kesalahan pakai bedak yang sering dilakukan saat berias. Sekarang kamu sudah tahu kesalahanmu kan, jadi hindari mengaplikasikan bedak seperti poin-poin di atas ya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait