beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Kiat Hidup Sehat dan Produktif Menuju Masa Endemi

Annisa Tiara Jelita,
24 November 2022 18.58.19 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kiat Hidup Sehat dan Produktif Menuju Masa Endemi
Image: Ilustrasi seseorang sedang olahraga di gym. (Freepik/Senivpetro)

Jakarta - Memiliki tubuh sehat tentu jadi impian setiap orang. Dengan hidup sehat, aktivitas apapun yang kita lakukan dapat berjalan sesuai rencana tanpa takut lelah.

Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, banyak orang di Indonesia mulai hidup tidak sehat karena semua hal dikerjakan dari  rumah. Pasti tak sedikit orang yang makan sembarangan hingga tidak pernah melakukan olahraga. Kondisi ini membuat masyarakat kurang produktif. 

Sekarang menuju ke masa endemi, masyarakat diajak bangkit untuk kembali hidup sehat serta produktif. Nah, buat yang bingung bagaimana cara memulai hidup sehat, simak 5 kiat-kiat ala Alodokter berikut ini:

1. Mengatur Asupan Nutrisi

1669204257-Asupan-Nutrisi.JPGSumber: Ilustrasi aupan nutrisi. (Pinterest/Dailysiacom)

Garam, gula dan lemak pada makanan tentunya tidak bisa kita hindari. Namun, dengan mengatur asupan ketiga bahan tersebut, kemungkinan kita akan hidup jauh lebih sehat dan dapat menghindari berbagai macam penyakit seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit kesehatan lainnya. 

Kemenkes RI menganjurkan untuk membatasi asupan gula tidak lebih dari empat sendok makan atau setara dengan 50 gram/orang/hari, garam 1 sendok teh atau 5 gram/orang/hari, dan lemak 5 sendok makan atau 67 gram/orang/hari.

2. Mengelola stres 

1642495681-foto-3-stres.jpgSumber: Ilustrasi stres (freepik/creativeart)

Jika kita tidak dapat mengelola stres dengan baik lalu stres menjadi berlebihan, ini dapat memicu terjadinya pelepasan hormon kortisol yang dapat mengganggu produksi limfosit. Limfosit merupakan bagian dari sel darah putih yang berperan penting dalam imunitas.

Pentingnya mengelola stres dengan cara melakukan latihan pernapasan, bermeditasi, mengatur skala prioritas, dan berbagi keluh kesah dengan orang yang dapa dipercaya atau dengan tenaga profesional, seperti psikolog atau psikiater.

3. Rutin olahraga

1669204404-Berolahraga.jpgSumber: Ilustrasi olahraga, (Freepik/tirachardz)

Selain menerapkan pola makan yang bergizi, berolahraga juga dapat membuat badan menjadi sehat, aktif dan segar. Olahraga dapat menjaga kelancara aliran darah, mencegah berbagai risiko penyakit, bahkan mengurangi stres.

Tidak selalu harus melakukan gerakan berat, melakukan jogging, lompat tali, atau bersepeda sesuai waktu yang dibutuhkan, juga dapat menghasilkan kebaikan bagi tubuh.

4. Istirahat cukup

1669204454-Beristirahat.jpgSumber: Ilustrasi istirahat. (Freepik/nensuria)

Dalam mengumpulkan energi yang telah terpakai untuk beberapa aktivitas, beristirahat dapat mengembalikan tenaga, menyegarkan pikiran, memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, serta mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh. Beristirahatlah 7-8 jam setiap harinya.

5. Persiapkan vitamin dan obat-obatan

1669204500-Vitamin-dan-obat-obatan.jpgSumber: Ilustrasi vitamin dan obat-obatan. (Freepik/freepik)

Vitamin dan obat-obatan dapat menjadi pencegahan ataupun pertolongan pertama bagi kita ketika sudah merasakan tubuh yang kurang sehat. Untuk mendapatkan kedua hal itu secara mudah, bisa manfaatkan layanan Aloshop, Alodokter untuk berbagai kebutuhan kesehatan, sesuai anjuran dokter.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait