menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Kombinasi Kandungan Skincare yang Bekerja Sempurna pada Kulit

Itha Prabandhani,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kombinasi Kandungan Skincare yang Bekerja Sempurna pada Kulit
Image: Ilustrasi kandungan skincare (Freepik/senivpetro)

Jakarta - Kamu suka bingung nggak sih dengan bermacam-macam kandungan yang terdapat dalam skincare? Masing-masing dari kandungan tersebut punya fungsi dan manfaat yang berbeda.

Kombinasi bahan yang salah bisa bikin kerja skincare jadi nggak efektif. Sebaliknya, dengan kombinasi yang tepat, kamu bisa mendapatkan hasil sesuai yang kamu inginkan.

Biar kamu bisa memadukan kandungan skincare dengan tepat, yuk simak ulasan yang dilansir dari In Style berikut ini.

1. Vitamin C dan Vitamin E

1615860255-skincare---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Perawatan kulit/Freepik by Cookie Studio

Kombinasi dari dua jenis vitamin ini akan memaksimalkan fungsinya masing-masing. Vitamin C adalah antioksidan yang ampuh untuk merangsang produksi kolagen dalam kulit, mencerahkan warna kulit, sekaligus mengurangi pigmentasi berlebih. Agar vitamin C bisa berfungsi secara optimal, kamu butuh bantuan dari Vitamin E yang akan mendorong proses perbaikan kulit dengan lebih cepat.

2. Vitamin C dan AHA

1614827178-kombinasi-skincare-bahaya---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik/jcomp)

Salah satu Alpha Hydroxy Acids (AHA), yaitu glycolic acid atau asam glikolat, berfungsi untuk membantu proses eksfoliasi kulit. Proses ini akan menghilangkan sel kulit mati. Hasilnya, muncullah sel kulit baru yang segar dan lebih cerah.

Saat dikombinasikan dengan Vitamin C, kedua bahan ini akan membuat kulit kamu lebih bersih, cerah, serta menyamarkan noda hitam. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan toner yang mengandung AHA, kemudian di-layer dengan serum yang mengandung Vitamin C.

3. Niacinamide dan Salicylic Acid

1614826966-kombinasi-skincare-bahaya2---freepik.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik)

Kombo yang satu ini paling cocok buat kamu yang bermasalah dengan jerawat. Salicylic acid atau asam salisilat akan membantu membersihkan pori-pori, meredakan jerawat yang meradang, sekaligus berperan mengangkat sel-sel kulit mati.

Salicylic acid akan bekerja lebih efektif jika dikombinasikan dengan niacinamide. Sebagai antioksidan yang juga membantu mengatasi jerawat, manfaat niacinamide bisa kamu dapatkan dalam serum. Lalu, lengkapi perawatan kulitmu dengan pembersih atau masker yang mengandung asam salisilat.

4. Squalane dan Ceramides

1612922500--Niacinamide-dalam-Skincare-freepik.jpgSumber: Manfaat niacinamide dalam skincare untuk kulit wajah (Freepik/Freepik)

Kulit kita terdiri dari air dan lapisan lemak. Di dalam lapisan lemak kulit, terdapat sebum, kolesterol, asam lemak, squalane, dan ceramides. Lapisan inilah yang berfungsi mengunci kadar air di dalam kulit, sehingga kelembapannya tetap terjaga. Karena itu, kombinasi kedua bahan ini akan membuat kulitmu tampak segar, kenyal, dan lebih glowing.

5. Retinol dan Hyaluronic Acid

1614827012-kombinasi-skincare-bahaya2---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik/jcomp)

Meski kamu perlu hati-hati dalam menggunakan retinol, bahan yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Retinol memiliki efek samping yang mengeringkan dan bikin kulit kamu mengelupas.

Karena itu, imbangi dengan kandungan yang melembapkan seperti hyaluronic acid atau asam hialuronat. Hyaluronic acid akan membantu mengunci kadar air dalam kulit, sehingga kulitmu tetap lembap. Kamu bisa mendapatkan manfaat hyaluronic acid dalam berbagai merek serum favoritmu. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait