menu
user
URstyle

5 Langkah Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari  

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Langkah Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari   
Image: Ilustrasi sulit tudur (pixabay/ Ivan Samkov)

Jakarta - Urbanreaders, kamu pernah merasa sulit tertidur di malam hari? Kurang tidur tentunya sangat berpengaruh untuk kesehatan dan aktifitas kita sehari-hari. 

Gangguan tidur yang terjadi dalam jangka panjang sangat berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit.

Kebiasaan sulit tidur di malam hari bisa juga disebabkan oleh kondisi fisik juga mental, seperti kondisi banyak pikiran, stres, depresi ataupun mengalami kecemasan. 

Sulit tidur juga bisa saja terjadi karena kebiasaan buruk yang seringkali kamu lakukan misalnya, begadang, terlalu lama tidur siang, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Melansir berbagai sumber, berikut lima langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tertidur di malam hari.

1. Gunakan Teknik Bernapas 4-7-8

1614224618-bernafas-pixabay-by-Alexandr-Podvalny.jpegSumber: Ilustrasi rrlaksasi bernafas (pixabay/ Alexandr Podvalny)

Untuk mengatasi masalah gangguan tidur di malam hari, kamu bisa mempraktikan teknik bernapas 4-7-8 ini. Teknik bernapas 4-7-8 atau relaksasi pernapasan dapat membantu kamu merasa tenang dan rileks. Relaksasi pernapasan ini merupakan salah satu cara agar kamu bisa segera tertidur.

Melansir Medical News Today, berikut adalah cara bernapas 4-7-8 untuk mengurangi kecemasan sebelum tidur:

1. Buang napas dalam-dalam

2. Tarik napas melalui hidung selama empat detik

3. Tahan napas selama 7 detik

4. Buang napas secara perlahan melalui mulut selama delapan detik hingga terdengar suara 'whoosh'

5. Ulangi langkah-lahkah tersebut sebayak empat kali

2. Melakukan Aktivitas yang Membuatmu Lelah

1614224245-olahraga-pixabay-by-Jonathan-Borba.jpegSumber: Ilustrasi kegiatan yang membuat lelah (pixabay/ Jonathan Borba)

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur yaitu dengan melakukan aktivitas yang bisa membuatmu lelah. Misalnya, seperti olahraga ringan sebelum tidur.

Saat tubuhmu lelah karena banyak mengeluarkan tenaga, maka hasrat ingin beristirahat juga semakin kuat. Pada akhirnya kamu juga akan merasa lelah dan akan tertidur dengan nyenyak.

3. Minimalkan Paparan Sinar Biru

1614224180-sinar-biru-pixabay-by-Burst.jpegSumber: Ilustrasi paparan sinar biru (pixabay/ Burst)

Blue Light atau sinar biru merupakan spectrum sinar tertentu yang bisa saja dipancarkan dari ponsel, laptop, tablet, televisi, bahkan lampu.

Terkena paparan sinar biru terlalu berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya, membuat siklus tidur malam kita menjadi terganggu.

Maka dari itu, usahakan 20 menit sebelum kamu tidur sebaiknya kamu mematikan ponsel, televisi, atau sumber cahaya lainnya.

4. Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

1614224068-makanan-sehat-VAleria-Boltneva.jpegSumber: Ilustrasi makanan yang perlu diperhatikan (pixabay/ VAleria Boltneva)

Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat pada dasarnya memang dapat membantu orang menjadi lebih mudah mengantuk. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat justru akan mengganggu kualitas tidur kamu, guys. 

Untuk mengatasi gangguan tidur, kamu lebih dianjurkan untuk lebih memilih makanan yang mengandung tinggi lemak sehat dibandingkan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.

Beberapa makanan yang terbilang kaya akan lemak sehat di antaranya alpukat, kacang-kacangan, telur, salmon, dayam ataupun brokoli.

5. Mandi

1614224135-mandi-pixabay-by-Jonathan-Andrew.jpegSumber: Ilustrasi mandi (pixabay/ Jonathan Andrew)

Poin terakhir ini perlu kamu perhatikan nih Urbanriders, yaitu membersihkan tubuh. Membersihkan tubuh atau mandi sebelum tidur merupakan salah satu langkah efektif yang bisa ngebantu tidurmu lebih berkualitas.

Beberapa riset menunjukan, orang akan lebih gampang merasa mengantuk setelah mandi di malam hari. Beremdam atau mandi air hangat selama 90 menit sebelum tidur akan membantu tidurmu lebih nyenyak.

Nah, itulah lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit tertidur di malam hari. Kamu bisa mempraktikkannya di rumah, semoga bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait