menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ini 4 Tanda Tubuh Kamu Sehat saat Bangun Tidur

Griska Laras,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini 4 Tanda Tubuh Kamu Sehat saat Bangun Tidur
Image: istimewa

Jakarta - Setiap orang punya kondisi yang berbeda saat bangun tidur di pagi hari, seperti sering kentut atau rasa mulas yang membuat kita ingin buang air besar.

Meski terkesan jorok, ternyata hal tersebut bisa menjadi petunjuk kondisi tubuh kamu loh.

4 hal yang dialami saat bangun tidur ini menandakan tubuh sehat. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

1. Kerak mata

1597803393-mata-berair.jpgSumber: Freepik

Setiap bangun tidur, kita mungkin sering menemukan kerak kotoran alias belek di sekitar sudut mata. Adanya belek saat bangun tidur menandakan mata masih terlindung dari partikel dan debu saat kita terlelap loh.

Saat kamu tidur, proses pembersihan mata tak berjalan dan produksi air mata berkurang. Alhasil, partikel debu dan kotoran menumpuk di sudut mata dan menghasilkan belek.

2. Kentut

1609040616-sakit-perut.jpgSumber: Ilustrasi sakit perut (Freepik)

Meskipun jorok, kentut di pagi hari ternyata bagus loh untuk kesehatan.  Buang gas di pagi hari bisa menandakan bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Saat  tubuh kita beristirahat, sistem pencernaan kita tetap bekerja meski lebih lambat dari biasanya. Makanan yang kita makan semalam juga tetap diolah saat kita tidur.

Nah saat bangun, tubuh akan merangsang pergerakan usus. Hal ini pun ikut merangsang keinginan buang air besar yang biasanya diawali dengan kentut.

Kalau kita mengonsumsi makanan yang bisa membuat produksi gas cukup banyak di malam hari, besar kemungkinan suara kentut atau jumlah gas yang dikeluarkan jauh lebih besar.

3. Urin berwarna gelap

1610948333-ilustrasi-buang-air-kecil.jpgSumber: Freepik

Pada pagi hari, urin biasanya cenderung berwarna gelap.  Warna urin yang pekat adalah hal yang wajar karena selama kita tertidur urin akan tetap diproduksi dan akan menumpuk sementara di kandung kemih.
 
Meskipun hal ini tidak berbahaya, sebaiknya minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah tidur agar terhindar dari dehidrasi.


4. Ukuran kotoran lebih besar

1599646579-toilet.jpgSumber: Freepik/jcomp

Selain warna urin, ukuran feses di pagi hari juga bisa jadi tanda tubuh sehat. Ukuran feses yang besar menandakan usus bekerja dengan baik  dan proses metabolisme tubuh berjalan lancar. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait