beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Langkah untuk Hemat Air di Rumah

Alfian Muntahanatul Ulya,
16 November 2022 15.06.42 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Langkah untuk Hemat Air di Rumah
Image: Wastafel keran air (Foto: Freepik)

Jakarta - Secara sadar maupun nggak, kita pasti pernah membuat air bersih di rumah jadi terbuang sia-sia begitu saja hanya karena mungkin kita atau anggota keluarga nggak paham bagaimana cara menghematnya.

Meski kita nggak mengalami kekurangan air, bukan berarti jadi pembenaran untuk pemborosan air yang nggak jelas digunakan untuk apa ya, Urbanreaders. Kalau diingat lagi, ini juga berkaitan dengan cara kita untuk menghemat tagihan akhir bulan, bukan?

Selain itu jika hal ini jadi kebiasaan, bakal bisa menimbulkan dampak lain seperti kerusakan lingkungan dan kelangkaan air. Pasti kamu juga nggak mau hal itu terjadi, kan? Hal itu juga harus dibarengi dengan kesadaran untuk menghemat ketersediaan air yang saat ini masih melimpah.

Jadi kali ini Urbanasia ingin berbagi tips yang telah dirangkum dari berbagai sumber tentang bagaimana cara untuk menghemat air di rumah sebagai berikut. 

1. Matikan Kran saat Cuci Tangan

1665644816-Ilustrasi-Wastafel.jpgSumber: Ilustrasi Wastafel (Freepik)

Kalau diperhatikan, banyak orang yang entah sengaja atau nggak, mereka tetap membiarkan kran air mengalir saat tengah menggosok tangan dengan sabun. Padahal kan nggak butuh air, tapi kenapa nggak dimatikan saja dulu?

Jadi daripada terus membuang air seperti itu, ada baiknya sekarang ubah kebiasaan tersebut. Matikan kran saat sedang menggosok tangan dengan sabun, lalu baru nyalakan kembali ketika kamu ingin membilasnya.

2. Ganti Bak dengan Ember

1667636682-garam-mandi.jpgSumber: Ilustrasi wanita menuangkan garam mandi ke bak mandi. (Freepik)

Bak memang efektif untuk menampung air dalam jumlah yang besar. Jadi nggak heran kalau banyak rumah tangga memilih menggunakan wadah itu. Tapi sering kali timbul masalah saat kita tengah mengisinya.

Ya betul, masalahnya adalah ketika kita atau penghuni rumah lupa sedang mengisi air ke dalamnya, otomatis air bisa meluber dan tumpah ke mana-mana. Jadi disarankan untuk menggantinya dengan ember kecil saja, jadi bisa diisi saat kita membutuhkannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait