beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Manfaat Daun Eucalyptus Buat Kesehatan 

Griska Laras,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Daun Eucalyptus Buat Kesehatan 
Image: Daun Eucalyptus/Freepik by Mikeos

Jakarta — Jenazah putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akhirnya ditemukan setelah hanyut selama empat belas hari di Sungai Aare Swiss. 

Jasadnya ditemukan di bendungan Enghalde dalam keadaan masih utuh, Rabu (8/6/2022). Bahkan dalam keterangannya di media sosial, Ridwan Kamil memberi kesaksian bahwa jasad anaknya berbau harum seperti daun eucalyptus

Eucalyptus merupakan tanaman aromaterapi yang memiliki segudang manfaat. Tanaman endemik asal Australia ini bisa digunakan sebagai pondasi bangunan hingga bahan bakar. 

Lebih dari itu, yang membuat eucalyptus punya nilai ekonomis tinggi adalah manfaatnya untuk pengobatan. Nah berikut ini beberapa manfaat daun eucalyptus untuk kesehatan. 

1. Mencegah Infeksi dan Inflamasi 

Digunakan sebagai obat tradisional sejak lama, eucalyptus terbukti ampuh mencegah infeksi dan inflamasi. Dalam studi yang diterbitkan Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, minyak esensial yang diekstrasi dari daun kayu putih ampuh mengatasi penyakit menular dari bakteri staphylococcus aureus. 

2. Menangkal Radikal Bebas  

Daun eucalyptus kaya akan antioksidan. Daun tanaman aromatik ini mengandung flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Jenis flavonoid yang ada di daun eucalyptus di antaranya adalah katekin dan luteolin. Dua senyawa ini memiliki sifat neuroprotektif yang mengurangi kerusakan sel akibat minimnya suplai oksigen dalam darah. 

Untuk mendapatkan manfaat antioksidan, daun eucalyptus dikonsumsi dalam bentuk teh. Tapi yang perlu dicatat, eucalyptus hanya aman jika sudah diolah menjadi teh. Olahan eucalyptus lain, seperti minyak akan berbahaya jika tertelan. 

3. Mengurangi Stres 

Ekstrak daun eucalyptus sudah lama dijadikan aromaterapi. Wangi daunnya seringkali dipakai untuk menghilangkan gejala stres. Hal ini karena adanya kandungan eucalyptol yang bersifat antikecemasan. 

Para peneliti percaya senyawa tersebut bisa menurunkan aktivitas sistem saraf simpatis  yang memicu stres dan meningkatkan sistem saraf parasimpatis yang mendorong relaksasi.  

4. Meredakan Gejala Flu dan Pilek 

Manfaat eucalyptus sebagai obat flu dan pilek sudah menjadi rahasia umum. Kandungan cineole membantu meredakan gejala flu, seperti mengurangi frekuensi batuk, sakit kepala, serta mengurangi penumpukan lendir penyebab hidung tersumbat. 

5. Mengurangi Gatal Akibat Gigitan Serangga 

Eucalyptus juga sering digunakan untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Aroma kayu putih yang menyegarkan juga tidak disukai nyamuk. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2011, minyak kayu putih 93 persen ampuh melindungi seseorang dari gigitan nyamuk selama 4 jam.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait