menu
user
URstyle

5 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Itha Prabandhani,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah
Image: Ilustrasi klorofil. (Freepik/freepic.diller)

Jakarta - Kalau mendengar kata klorofil, mungkin yang terlintas pertama di benakmu adalah pelajaran Biologi di sekolah dulu. Ya, klorofil kita kenal sebagai zat hijau daun yang berfungsi dalam proses fotosintesis tumbuhan.

Namun, klorofil nggak cuma berguna buat tumbuh-tumbuhan aja loh, guys. Konsumsi klorofil dapat memberikan berbagai manfaat buat kesehatan tubuh dan wajah kamu.

Manfaat positif klorofil dapat kamu peroleh dari konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale. Sayangnya, kita nggak selalu mendapatkan cukup asupan klorofil dengan konsumsi sayur-sayuran tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat klorofil adalah dengan mengonsumsi klorofil cair yang kini banyak dijual di pasaran.

Penasaran apa aja manfaat mengonsumsi klorofil buat kesehatan tubuh dan wajah kamu? Simak ulasan yang dilansir dari Glamour berikut ini, yuk!

1. Sumber Vitamin

1616136266-vitamin.jpgSumber: Ilustrasi vitamin. (Freepik/zoldatoff)

Klorofil adalah sumber berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin tersebut dibutuhkan tubuh antara lain untuk regenerasi sel serta menjaga kulit tetap sehat.

Vitamin A akan membantu menjaga kekencangan kulit, sedangkan vitamin C akan menstimulasi produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan glowing.

Kadar anti-oksidan yang tinggi dalam vitamin E berperan untuk melawan radikal bebas dan mencerahkan kulit. Sementara kandungan vitamin K dalam klorofil bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit.

2. Melawan Jerawat

1615255537-jerawat-freepik.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik/ user18526052)

Saat kamu merasakan adanya jerawat yang akan muncul, kamu bisa menambahkan beberapa tetes klorofil dalam air minummu. Klorofil memiliki kandungan anti bakteri, sehingga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, klorofil dapat berperan membersihkan darah, sehingga mencegah jerawat semakin parah sekaligus menyembuhkannya.

3. Detoks Alami

1616136311-detoks-alami.jpgSumber: Ilustrasi detoks alami. (Freepik/goffkein)

Menurut Dr. Joshua Zeichner, Direktur Cosmetic & Clinical Research in Dermatology dari Rumah Sakit Mount Sinai New York, klorofil dapat membantu proses detoksifikasi. Klorofil akan meningkatkan kinerja enzim-enzim dalam tubuh yang berperan mengeluarkan racun dari sel-sel darah.

4. Mencerahkan Wajah

1611810130-glowing2.jpgSumber: Wajah glowing. (Freepik)

Lebih lanjut, Dr. Zeichner mengatakan bahwa klorofil cair dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan begitu, suplai oksigen dalam tubuh pun akan meningkat. Hasilnya, kulit tampak lebih sehat dan terlihat lebih cerah.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

1616136298-luka.jpgSumber: Ilustrasi luka. (Freepik/shayne_ch13)

Klorofil cair juga terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Klorofil akan membantu sel-sel dalam tubuh untuk melakukan regenerasi dan membuat sel-sel tubuh lebih sehat. Manfaat ini juga sekaligus dapat memperbaiki kondisi kulit termasuk menyamarkan garis halus dan kerutan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengonsumsi klorofil secara rutin. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa klorofil cair dapat membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari, terutama jika kamu memiliki kulit yang cerah. Karena itu, selalu gunakan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, konsumsi klorofil secara rutin juga akan berpengaruh pada warna urine kamu. Jadi, jangan kaget kalau urine kamu akan berwarna kehijauan. Jika kamu mengonsumsi klorofil cair, pastikan bahwa kamu menyimpannya di lemari es, untuk menjaga kualitasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait