Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Manfaat Penggunaan Lampu LED pada Motor

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Penggunaan Lampu LED pada Motor
Image: Ilustrasi lampu LED pada sepeda motor (Pixabay/capri23auto)

Jakarta – Sepeda motor keluaran sekarang kebanyakan menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED) sebagai pencahayaan utama. Hal ini terlihat dari warna lampu yang dipancarkan kebanyakan berwarna putih, bukan lagi kuning. Lantas, apa yang membuat lampu LED lebih unggul? Berikut merupakan kelebihan lampu LED melansir dari Suzuki Indonesia.

1. Terkenal Awet

1631004552-lampu LED motor paulclee.jpgSumber: Ilustrasi lampu LED pada sepeda motor (Pixabay/paulclee)

Lampu LED dipercaya lebih awet dibanding lampu biasa. Hal ini disebabkan karena daya yang dibutuhkan cenderung kecil. Selain itu, lampu bohlam akan panas saat dinyalakan terlalu lama, sehingga lampu bohlam mudah putus.  Jika memakai lampu LED, kejadian tersebut tidak akan terjadi.

2. Perawatan yang Mudah

Sifat lampu LED yang lebih awet membuat kamu tidak harus sering membeli lampu baru. Kamu cukup mengikuti servis motor secara rutin untuk mengecek kondisi lampu. Jadi, kamu juga bisa lebih hemat karena tidak perlu keluar biaya lebih karena terlalu sering mengganti lampu.

3. Pencahayaan yang Lebih Terang dan Fokus

1630499512-free-photos---pixabay.jpgSumber: Ilustrasi sepeda motor (Pixabay/free-photos)

Cahaya yang dihasilkan lampu LED bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Hal ini disebabkan oleh arus direct current (DC) yang dihasilkan membuat lampu lebih stabil.

Berbanding terbalik dengan arus AC pada bohlam yang lebih boros dan terangnya tergantung putaran mesin. Lalu, LED  dapat menyinari dengan lebih fokus dan objek terlihat lebih realistis.

4. Tahan Guncangan

Keawetan lampu LED disempurnakan dengan ketahanannya terhadap guncangan. Sebagai komponen dari elektronik solid state, lampu LED lebih tahan terhadap guncangan saat berkendara. Letak lampu ke dalam kap lampu juga praktis karena bentuknya kecil. Sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menempatkan lampu LED.

5. Efisiensi Energi yang Lebih Tinggi

1631004646-lampu LED motor webandi.jpgSumber: Ilustrasi lampu LED pada sepeda motor (Pixabay/webandi)

Daya untuk menyalakan lampu LED tidak terlalu besar, sehingga lebih efisien dibanding lampu bohlam. Contohnya, lampu LED hanya perlu 11 - 14 volt untuk penerangan selama 20 ribu jam.

Sedangkan lampu bohlam memerlukan daya sebesar 35 watt untuk menyala selama 500 jam. Berdasarkan berbandingan tersebut, lampu LED jauh lebih hemat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait