Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Penyebab Indikator Bensin Motor Bermasalah

Alwin Jalliyani,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Indikator Bensin Motor Bermasalah
Image: Ilustrasi. (Pixabay/toddwmac)

Jakarta - Komponen indikator bensin memiliki peranan penting karena menunjukkan volume bensin yang tersisa pada tangki motor. Melalui penunjuk jarum, kamu bisa memprediksi apakah bensin masih cukup atau tidak untuk perjalanan.

Permasalahan yang kerap terjadi yaitu jarum selalu  ada di posisi E, meskipun bensin masih banyak. Berikut merupakan penyebab indikator bensin bermasalah dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Aki Rusak

1633056261-aki-motor.pngIlustrasi aki motor. (Pixabay/capri23auto)

Aki yang rusak dapat berpengaruh terhadap kurang akuratnya indikator bensin. Jika baterai rusak atau aus, maka indikator secara otomatis tidak akan berfungsi. 

Kamu bisa mengecek dengan menyalakan motor memakai starter tangan. Jika menyala lancar, berarti aki motor masih aman. Selanjutnya cek suara klakson, jika nyaring berarti aki masih baik.

2. Komponen Fuel Sensor Rusak

Kerusakan pada komponen fuel sensor dapat mengakibatkan indikator bensin tidak berfungsi. Kamu perlu melakukan pengecekan untuk memastikan apakah fuel sensor benar-benar rusak atau tidak. Jika rusak, kamu perlu segera melakukan penggantian komponen yang rusak.

3. Pelampung Bensin Bermasalah

Pelampung bensin berperan mengirim data ketersediaan bensin ke jarum indikator. Jika bermasalah, data yang ditampilkan tidak akan akurat. Cara mengeceknya yaitu melepaskan soket kabel dan hubungkan kabel dengan pelampung tangki bensin. Jika indikator bensinnya masih bergerak, maka kondisi pelampung tangki tidak bermasalah.

4. Jalur Kelistrikan Terputus

Kelistrikan pada motor memegang peran vital dalam mengalirkan sinyal dan arus dari fuels sensor. Apabila kabel terputus, maka listrik tidak akan tersalurkan sehingga menyebabkan indikator bensin tidak dapat berfungsi, bahkan mati. Terputusnya salah satu jalur kelistrikan, dapat menyebabkan matinya indikator bensin.

5. Speedometer Error

1633056284-indikator-bensin.jpgIlustrasi. (Pixabay/hikuafa)

Jika kondisi seluruh komponen sebelumnya masih bagus, kamu perlu melakukan pemeriksaan pada bagian speedometer. Speedometer terdiri atas banyak komponen elektronik, saat indikator bensin tidak berfungsi, bisa jadi ada beberapa komponen-komponen elektronik pada speedometer yang bermasalah, terputus, atau juga mengalami konslet.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait