beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

5 Planet Ini ‘Pawai’ dan Terlihat Sejajar dari Bumi Sepanjang Juni 2022

William Ciputra,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Planet Ini ‘Pawai’ dan Terlihat Sejajar dari Bumi Sepanjang Juni 2022
Image: Ilustrasi planet. (Pixabay)

Jakarta - Sepanjang bulan Juni 2022, masyarakat di seluruh dunia akan menyaksikan ‘pawai’ 5 planet yang terlihat sejajar dari bumi. 5 planet itu adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. 

Fenomena 18 tahunan ini akan dapat disaksikan dengan mata telanjang. Masyarakat hanya perlu memandang ke langit sekitar 1,5 jam sebelum matahari terbit. Pada waktu itu, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan berbaris sejajar dengan urutan tersebut. 

“Ini semacam tur tata surya yang sangat menyenangkan yang dapat Anda ikuti secara gratis,” kata Astronom NASA, Michelle Thaller seperti dilansir dari Washington Post, Sabtu (11/6/2022). 

Para astronom akan menyebut fenomena planet saling berjajar itu sebagai konjungsi. Hal ini cukup umum karena biasa terjadi setiap beberapa tahun sekali. 

Namun, berjajarnya 5 planet dalam satu waktu itu cukup langka. Fenomena ini hanya terjadi satu kali dalam setiap dua dekade. Adapun terakhir kali 5 planet itu berjajar dan nampak dari bumi terjadi pada Desember 2004. 

Bagaimana Cara Melihatnya?

1654935397-Planet.jpegSumber: 5 Planet ini sejajar sepanjang Juni 2022 (NASA)

Dalam fenomena 5 planet berjajar ini, mereka akan bersinar lebih terang dari bintang-bintang langit di sekitarnya. Hal itu akan membuat 5 planet itu lebih mudah dikenali dan mudah dilihat dengan mata telanjang. Namun melihat dengan bantuan aat seperti teleskop akan membuat pemandangan bisa lebih jelas.  

Nah cara untuk menyaksikan fenomena ini cukup mudah, Guys. Kalian hanya perlu keluar rumah pada 30 menit sebelum matahari terbit. Kemudian lihat ke langit, dan kalian akan menyaksikan planet-planet itu bersinar lebih terang dari benda langit lain. 

Menurut Thaller, kondisi langit yang gelap akan sangat membantu dalam melihat fenomena 5 planet berjajar. Namun terangnya sinar yang mereka pancarkan akan membuat fenomena ini lebih mudah dilihat. 

“Bahkan jika ada di kota, dengan terangnya lampu, kalian seharusnya tetap bisa melihat. Naiklah ke balkon atau atap. Selama Anda menemukan cuaca yang bagus dan langit cerah, Anda akan bisa melihatnya,” imbuh Thaller. 

Masih kata Thaller, Merkurius merupakan planet yang paling sulit dilihat karena posisinya yang dekat dengan matahari dan dimensinya yang kecil. 

Namun demikian, dalam fenomena kali ini, Merkurius akan bergerak menjauh dari matahari sehingga lebih mudah dilihat. Di Amerika Serikat, kata Thaller, lokasi terbaik untuk melihat Merkurius adalah di Bandara Internasional Dulles, Washington. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait