Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Rekomendasi Brand Batik Ternama untuk Sambut Hari Batik Nasional

Deandra Salsabila,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Rekomendasi Brand Batik Ternama untuk Sambut Hari Batik Nasional
Image: Salah satu koleksi Sejauh Mata Memandang (Sejauh Mata Memandang/Instagram)

Jakarta - Tak terasa, sebentar lagi kita akan merayakan Hari Batik Nasional. Hari tersebut merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. 

Hingga kini, banyak pihak yang menggabungkan beragam aksi nyata untuk terus melestarikan batik yang menjadi salah satu budaya warisan bangsa. Perkembangan batik turut diiringi dengan meningkatnya inovasi yang kreatif dari para desainer muda Indonesia, terkait baju-baju pria dan wanita dengan batik sebagai bahan utama.

Berikut ini adalah 5 brand batik ternama untuk menemani kamu dalam merayakan Hari Batik Nasional:

1. Sejauh Mata Memandang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sejauh Mata Memandang (@sejauh_mata_memandang)

Brand yang lahir dari tangan desainer Chitra Subyakto, ini mengusung konsep slow fashion dalam setiap koleksinya. Sejauh Mata Memandang tak hanya memperlihatkan nuansa batik yang minimalis, namun juga mendukung isu lingkungan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini.

Mulai dari proses produksi hingga kemasannya, brand ini menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Lirik ragam koleksi Sejauh Mata Memandang mulai dari kemeja, luaran, celana, kain, bahkan koleksi aksesori seperti tas.

2. Iwan Tirta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Iwan Tirta Private Collection (@iwantirta_batik)

Iwan Tirta sudah  mendedikasikan hidupnya untuk memperkenalkan batik kepada dunia. Iwan Tirta merupakan maestro batik terkenal yang telah tersohor akan koleksi batiknya yang melegenda, desain kain yang elok, serta pagelaran busana yang megah. Kini, Iwan Tirta tercatat telah mendesain lebih dari 10.000 desain batik orisinil selama hidupnya.

3. Ghea Panggabean

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ghea Fashion Studio (@gheafashionstudio)

Nama Ghea Panggeaben memang sudah tak asing lagi di dunia fashion tanah air. Ghea menjadi salah satu desainer yang menghadirkan koleksi-koleksi pakaian dengan unsur batiknya guys.

Di awal kariernya sebagai seorang desainer, Ghea memulai eksplorasi rancangannya dengan motif lurik, jenis kain tradisional Indonesia yang harganya tidak terlalu mahal. Akhirnya, ia menemukan identitas desainnya dalam mengolah kain Jumputan Palembang dan Grinsing Bali.

Ghea pun terus membuat inovasi membuat pakaian modern dengan motif tradisional dari kedua kain tersebut. Kreativitas dalam produk rancangannya sangat tidak terbatas, kamu bisa mendapat legging bermotif batik hingga rok batik yang terlihat sangat modis ketika digabungkan dengan t-shirt.  

Karya-karya unik Ghea yang penuh dengan budaya dan sejarah mode Indonesia membuat dirinya terkenal di dalam dunia fashion internasional. Ia pun pernah menggelar fashion show, bertajuk Treasures of Indonesia: A Journey Into Indonesian Fashion, Art, and Culture di Milan, Italia pada 14 September 2013.

4. Danar Hadi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Batik Danar Hadi, Solo (@danarhadi_id)

Merek batik bernama Danar Hadi juga sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan, dapat dikatakan bahwa Danar Hadi merupakan salah satu pelopor masuknya batik di industri fesyen Indonesia.

Butik Danar Hadi didirikan Santosa Doellah yang memang lahir dari keluarga pengusaha. Pria yang kini berusia 77 tahun ini memulai bisnis batik pada 1967 dan membuka toko di wilayah tempat tinggalnya

5. Parang Kencana 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Parang Kencana Official (@parangkencana)

Batik ini identik dengan batik berkualitas tinggi dan seni pewarna kain tahan lilin yang terkenal di Indonesia. Parang Kencana didirikan lebih dari dua dekade yang lalu oleh Mariana Sutandi, setiap bagian dari batik Parang Kencana masih dibuat dengan menggunakan teknik tradisional oleh pengrajin terampil. Setelah melewati berbagai perjuangan, Parang Kencana kini sudah berkembang pesat dan bisa ditemukan di mal terkemuka di Jakarta, yakni Plaza Indonesia dan Pacific Place.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait