beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba!

Hanisa Sutoyo,
26 Mei 2022 20.37.03 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Rekomendasi Kuliner Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba!
Image: Lempah kuning (Instagram/qiutin.kitchen)

Bangka Belitung - Dikelilingi lautan serta pulau-pulau kecil menjadikan Bangka Belitung terkenal dengan kuliner khasnya yang berbahan dasar seafood dan diolah dengan berbagai bumbu.

Menyatunya banyak rempah yang bercampur di mulut ini mampu menghasilkan cita rasa gurih perpaduan antara Melayu dan Tionghoa, loh, Urbanreaders. Menarik bukan?

Nah, maka dari itu jika kamu berlibur ke pulau cantik ini kamu harus mencicipi bagamaina rasa dari kuliner khasnya. Apa saja hidangan tersebut? Berikut rekomendasi makanan khas Bangka Belitung.

1. Mie Koba

1653485458-Mie-Koba.jpgSumber: Mi Koba (YouTube/Dapoer Mamah Cece)

Mie yang satu ini biasanya terbuat dari mie kuning yang kemudian diberi kuah kaldu berbahan ikan tenggiri. 

Pembuatan kuah kaldunya ini cukup dengan merebus dan menghaluskan ikan tenggiri yang nantinya ditumis dan direbus lagi bersama bumbu. Perpaduan antara pala, cengkeh, ketumbar, gula aren, dan kayu manis membuat kuah kaldu ini semakin gurih dan nikmat. 

2. Sup Gangan

1653485469-Sup-Gangan.jpgSumber: Sup Gangan (YouTube/Belitung Island)

Masih menggunakan ikan tenggiri, sup gangan diolah dengan mencampurkan rempah-rempah seperti cabai, bawang, lengkuas, dan kunyit. Karena pemakaian kunyit inilah yang membuat sup gangan berwarna kuning. 

Sup ini memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera makan. Nah, semakin nikmat bila disantap saat baru matang dengan nasi hangat sebagai teman makan.

3. Berego

1653485488-Berego.jpgSumber: Berego (YouTube/Resep Masak Ala Taslima)

Sejumlah orang mengira bahwa berego adalah lontong sayur. Padahal, bahan yang digunakan serta proses pembuatannya sangat berbeda nih, Urbanreaders.

Pada umumnya lontong terbuat dari bahan baku nasi, sedangkan berego terbuat dari tepung sagu dan tepung beras. Makanan khas Bangka Belitung ini biasa disajikan dengan kuah kari ikan yang gurih dan juga lezat.

4. Lempah Kuning

1653485451-Lempah-Kuning.jpgSumber: Lempah Kuning (YouTube/Novi Da Sari)

Lempah Kuning hampir mirip dengan sup gangan, hanya saja tekstur kuahnya lebih encer. Kuah lempah kuning ini biasanya dibuat dengan campuran bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah, lengkuas, dsn belacan. 

Lempah kuning biasa disajikan dengan ikan kakap merah ataupun ikan tenggiri. Tetapi, kamu bisa menggantinya dengan ayam ataupun daging, loh. Selain itu, lempah kuning ini juga kerap dilengkapi dengan nanas untuk menambahkan cita rasa didalamnya. 

5. Lakso

1653485445-Lakso.jpgSumber: Lakso (YouTube/Eddy Siswanto)

Sama seperti berego, pembuatan lakso pada umumnya menggunakan bahan dasar tepung beras dan tepung sagu. Yang membedakan adalah bentuknya. Jika berego dalam penyajiannya digulung, maka lakso lebih seperti mie, yakni dibiarkan memanjang.

Lakso ini juga disajikan dengan kuah ikan yang dicampur santan kuning, sehingga memiliki rasa yang gurih. 

Itulah kelima rekomendasi makanan khas Bangka Belitung. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait